ADEHARDANA, YOLA ASMANDAPUTRI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi pada Penggunaan Media Sosial Instagram PT. Garuda Indonesia Tbk. pada Akun @garuda.indonesia). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (320kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
Abstract
Garuda Indonesia’s image has recently declined due to corruption scandals, company losses, and service problems. Meanwhile, Garuda Indonesia’s PR communications through its social media such as Instagram (garuda.indonesia) are still fairly rigid and formal, only providing information without reciprocal replying, and not interactive. Therefore, the researcher wanted to research and prove whether PR communication through social media could improve the company’s image. If proven, then this could be an input for Garuda Indonesia to use or improve PR communications through social media to enhance or improve the image of the Garuda Indonesia company. The purpose of this study was to determine the effect of the use of social media on corporate image at PT. Garuda Indonesia Tbk. The concept and theory used in this research is the uses and effects theory from Sven Windahl which states that need is only one of the factors causing media use. This research uses a type of quantitative causality research with data collection techniques with a survey method through a questionnaire. The data analysis method used simple linear regression. The results of the research provide answers to research problems that: 1) The use of social media by public relations has a significant positive effect on the company’s image at PT. Garuda Indonesia Tbk. with a significance value of 0.000; and 2) The use of social media by public relations affects the company’s image at PT. Garuda Indonesia Tbk. at 43.8% (medium category). Keywords: Corporate Image, Garuda Indonesia, Instagram, Mass Communication, Use of Social Media Citra Garuda Indonesia akhir-akhir ini menurun akibat skandal korupsi, kerugian perusahaan, maupun masalah pelayanan. Sedangkan, komunikasi PR Garuda Indonesia melalui media sosialnya seperti Instagram (garuda.indonesia) masih terbilang kaku dan formal, hanya memberikan informasi tanpa membalas timbal balik, dan tidak interaktif. Maka dari itu, peneliti ingin meneliti dan membuktikan apakah komunikasi PR melalui media sosial dapat meningkatkan citra perusahaan. Apabila terbukti, maka hal tersebut dapat menjadi masukan untuk pihak Garuda Indonesia untuk menggunakan atau meningkatkan komunikasi PR melalui media sosial untuk meningkatkan atau memperbaiki citra perusahaan Garuda Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap citra perusahaan pada PT. Garuda Indonesia Tbk. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and effects dari Sven Windahl yang menyebutkan bahwa kebutuhan hanyalah salah satu faktor penyebab penggunaan media. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif kausalitas dengan teknik pengumpulan data dengan metode survei melalui angket (kuesioner). Metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian memberikan jawaban atas masalah penelitian bahwa: 1) Penggunaan media sosial oleh public relations berpengaruh positif signifikan terhadap citra perusahaan pada PT. Garuda Indonesia Tbk. dengan nilai signifikansi 0,000; dan 2) Penggunaan media sosial oleh public relations berpengaruh terhadap citra perusahaan pada PT. Garuda Indonesia Tbk. sebesar 43,8% (kateori sedang). Kata Kunci: Citra Perusahaan, Garuda Indonesia, Instagram, Komunikasi Massa, Penggunaan Media Sosial
Actions (login required)
![]() |
View Item |