PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN YANG PROFESIONAL PADA SELEBGRAM (Studi Kasus Terhadap Selebgram Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2017 & 2019 Universitas Mercu Buana)

FAHRIYANI, ARIEF (2022) PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN YANG PROFESIONAL PADA SELEBGRAM (Studi Kasus Terhadap Selebgram Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2017 & 2019 Universitas Mercu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

The globalization and digital era has transformed adolescents' perspectives on how they express themselves and how they develop their personalities. The purpose of this study is to examine the role of Instagram in shaping the professional personalities of Instagram celebrities among students in the Communication Studies program, graduating in 2017 and 2019 at Mercu Buana University. This study used a qualitative approach with a case study method. Data collection included interviews, observation, and documentation of the Instagram celebrities at Mercu Buana University. The results indicate that internal and external forces reinforce their new identities. They then develop a new self-image to appear better than their real lives, fulfilling their needs for information, entertainment, and financial resources. Keywords: Instagram, Personality, Professional, Instagram Celebrity Pada Era Globalisasi dan Digital mampu mengubah pandangan remaja tentang bagaimana mereka mengekspresikan dirinya dan bagaimana dirinya membangun kepribadiannya. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media sosial instagram dalam pembentukan kepribadian yang profesional terhadap selebgram mahasiswa prodi ilmu komunikasi angkatan 2017 & 2019 universitas mercu buana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi para selebgram Universitas Mercu Buana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya dorongan dari internal maupun eksternal yang menjadikan identitas barunya tetap melekat pada dirinya, kemudian mereka membentuk citra diri yang baru agar terlihat lebih baik dari kehidupan asli mereka, dan adanya pemenuh kebutuhan informasi, hiburan dan finansial. Kata kunci: Instagram, Kepribadian, Profesional, Selebgram

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 25 075
NIM/NIDN Creators: 44117010045
Uncontrolled Keywords: Instagram, Kepribadian, Profesional, Selebgram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.2 Individual Psychology, Characters/Psikologi Individual, Karakter > 155.25 Character Development/Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.1 Procedural and Social Aspect/Prosedur dan Aspek Sosial Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711.12 Professional Practice and Technical Procedures/Praktek Profesional dan Prosedur Teknis
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 08 Aug 2025 05:37
Last Modified: 08 Aug 2025 05:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96674

Actions (login required)

View Item View Item