MAHARANI, RIFTALIA ANNISA (2025) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK PADA KONTEN KRITIK PEMBANGUNAN IKN DALAM AKUN TIKTOK @GREENPEACEID TAHUN 2024-2025. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Menteng.
![]() |
Text (COVER)
44221110028 - Riftalia Annisa Maharani - 01 Cover - Riftalia Annisa.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
44221110028 - Riftalia Annisa Maharani - 02 Bab 1 - Riftalia Annisa.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB II)
44221110028 - Riftalia Annisa Maharani - 03 Bab 2 - Riftalia Annisa.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB III)
44221110028 - Riftalia Annisa Maharani - 04 Bab 3 - Riftalia Annisa.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
44221110028 - Riftalia Annisa Maharani - 05 Bab 4 - Riftalia Annisa.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
![]() |
Text (BAB V)
44221110028 - Riftalia Annisa Maharani - 06 Bab 5 - Riftalia Annisa.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44221110028 - Riftalia Annisa Maharani - 08 Daftar Pustaka - Riftalia Annisa.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
44221110028 - Riftalia Annisa Maharani - 09 Lampiran - Riftalia Annisa.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Media sosial tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana informasi saja, tetapi juga sebagai ruang untuk mengekspresikan diri tanpa batas. Melalui media sosial, individu dapat berbagi pandangan, ide, dan perasaan mereka dengan audiens yang luas, menciptakan ruang terbuka untuk dialog dan interaksi. Kebebasan berpendapat ini memungkinkan berbagai suara untuk didengar dan berkontribusi pada dinamika sosial yang lebih beragam termasuk dalam menyampaikan pendapat atau mengkritik mengenai kondisi sosial (kritik sosial). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan khalayak pada konten kritik Pembangunan IKN dalam akun TikTok @greenpeaceid Tahun 2024-2025. Penelitian ini menggunakan konsep teori penerimaan pesan model encoding-decoding milik Stuart Hall yang mengklasifikasikan 3 posisi audiens berdasarkan hasil pemaknaan isi pesan yaitu posisi dominan hegemoni, posisi negosiasi, dan posisi opposisi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam (in depth interview) dan FDG (focus group diesocisuon) dengan tujuh informan diesocision dengan tujuh merupakan pengguna aktif Tik Tok. yang Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat khalayak berada pada posisi dominan hegemoni di mana mereka menerima secara penuh pesan kritik yaitu dampak pembangunan IKN dari segi lingkungan dan sosial. Sebagian khalayak berada pada posisi negosiasi, di mana mereka tidak menerima begitu saja seluruh isi pesan, melainkan menegosiasikan makna berdasarkan latar belakang dan pandangan pribadi mereka. Sementara itu, tidak ditemukan khalayak yang berada pada posisi oposisi atau secara tegas menolak konten kritik pembangunan IKN dalam akun TikTok @greenpeaceid. Social media is not only utilized as a means of sharing information but also serves as a space for limitless self-expression. Through social media, individuals can share their perspectives, ideas, and emotions with a wide audience, creating an open arena for dialogue and interaction. This freedom of expression enables diverse voices to be heard and to contribute to a more dynamic social discourse, including the expression of opinions or criticism regarding social conditions (social criticism). This study aims to explore the audience's interpretation of critical content related to the development of the new capital city (IKN) on the TikTok account @greenpeaceid during the 2024-2025. This research adopts Stuart Hall's encoding-decoding theory of message reception, which classifies audience interpretations into three positions: the dominant-hegemonic position, the negotiated position, and the oppositional position. The research applies a constructivist paradigm with a descriptive qualitative approach. Data were collected through in-depth interviews and focus group discussions (FGDs) involving seven informants who are active TikTok users. The findings of this study reveal that a portion of the audience occupies a dominant-hegemonic position, in which they fully accept the critical messages concerning the environmental and social impacts of the IKN development. Another segment of the audience assumes a negotiated position, wherein they do not wholly accept the content but interpret and negotiate its meaning based on their individual backgrounds and perspectives. Notably, no audience members were identified in an oppositional position, meaning none explicitly rejected the critical content on the IKN development presented by the TikTok account @greenpeaceid
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44221110028 |
Uncontrolled Keywords: | analisis resepsi, khalayak, konten kritik, pembangunan IKN, TikTok audience reception analysis, audience, critical content, IKN development, TikTok |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | NAIMAH NUR ISLAMIDIYANAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 05:27 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 05:27 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |