ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS TERHADAP KONTEN MITOS DI KALANGAN PARA PENDAKI PADA AKUN @PENDAKIINDONESIA

ISRA, MUHAMMAD ALWI (2025) ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS TERHADAP KONTEN MITOS DI KALANGAN PARA PENDAKI PADA AKUN @PENDAKIINDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)

Abstract

Nowadays, mountain climbing is becoming increasingly popular and is attracting from various groups, ranging from children to adults and even the elderly. This growing enthusiasm is driven by the development of technology and the rapid spread of information. Social media, particularly Instagram, plays a significant role in increasing the number of climbers, as many posts highlight the beauty of mountains, which draws people’s attention to try mountain climbing. Historically, mountain climbing has never been separated from myths among climbers. In the mountaineering world, many stories, legends, and myths are considered symbolic representations of the mountains themselves. Almost all of these myths are linked to specific incidents, and many prohibitions along hiking trails are also associated with these myths. One Instagram account that share myths-related content is @pendakiindonesia. This research will use a qualitative approach employing the Reception Analysis method. This study aims to explore the reception of followers toward mythrelated content among climbers on the @pendakiindonesia Instagram account. Using a descriptive qualitative method with a constructivist paradigm interpretations into dominant, negotiated, and oppositional positions, data was collected through in-depth interviews with followers of the account, supported by source triangulation for data validity. The research finding show that the informants fall into two receptions positions: dominant and negotiated position. The dominant informants fully accept the messages and values conveyed through the @pendakiindonesia content. Meanwhile, several informants occupy a negotiated position, meaning they partially agree with the messages but still interpret them based on their personal perspective. And no informants were found to be in an oppositional position. Keywords: Reseption, Mountain Climbers, Climbing Myths, Instagram Account @Pendakiindonesia Pada saat ini, Kegiatan mendaki gunung semakin popular dan semakin diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa bahkan orang tua. Semua itu terjadi karena perkembangan teknologi dan penyebaran informasi yang begitu cepat, media sosial Instagram berperan besar dalam meningkatnya jumlah pendaki gunung, karena banyak postingan-postingan keindahan gunung sehingga banyak yang tertarik mendaki gunung. Sejak dahulu pendakian gunung tidak pernah lepas dari mitos-mitos di kalangan pendaki. Dalam dunia pendakian, banyak cerita, legenda, dan mitos yang dianggap sebagai simbol dari gunung itu sendiri. Hampir semua mitos berhubungan dengan berbagai kejadian, bahkan banyak larangan yang ditetapkan di jalur pendakian juga dikaitkan dengan mitos tersebut. Salah satu akun Instagram yang membagikan konten terkait mitos adalah akun @pendakiindonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan menggunakan metode Analisis Resepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi followers terhadap konten mitos di kalangan para pendaki pada akun @pendakiindonesia. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan paradigma konstruktivis, serta teori resepsi Encoding-Decoding oleh Stuart Hall yang membagi pemaknaan khalayak menjadi tiga kategori: Dominan, Negosiasi, dan oposisi. Dan data dikumpulkan melalu wawancara mendalam dengan followers akun tersebut, didukung triangulasi sumber untuk keabsahan data. Hasil Penelitian menjelaskan informan terbagi menjadi 2 posisi pemaknaan, yaitu dominan dan negosiasi. Hasil yang didapatkan adalah informan dominan berada pada posisi pemaknaan dominan. Artinya berarti informan menerima pesan serta nilai-nilai yang disampaikan oleh konten akun @pendakiindonesia. Beberapa informan berada pada posisi negosiasi yang setuju sebagian ini pesan namun tetap mengkritisinya dengan perspektif pribadi. Dan tidak ditemukan informan yang berada dalam posisi pemaknaan oposisi. Kata Kunci: Resepsi, Pendaki Gunung Mitos pendakian, akun Instagram @pendakiindonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 25 032
NIM/NIDN Creators: 44521010064
Uncontrolled Keywords: Resepsi, Pendaki Gunung Mitos pendakian, akun Instagram @pendakiindonesia.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 390 Customs of People/Adat Istiadat dan Kebiasaan Masyarakat Berdasarkan Status Ekonomi dan Kelas Sosial > 398 Folklore/Cerita Rakyat > 398.2 Folk Literature, Fairy Tales, Myth, Mythology/Cerita Rakyat, Dongeng, Mitos, Mitologi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 753 Symbolism, Allegory, Mythology, Legend/Simbolis, Kiasan, Mitos, Legenda
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 31 Jul 2025 01:24
Last Modified: 31 Jul 2025 01:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96408

Actions (login required)

View Item View Item