PENGARUH BUDAYA POPULER LIFESTYLE KOREA TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA (Survey Pada Remaja di Jakarta Barat)

AMELIA, SINTA (2025) PENGARUH BUDAYA POPULER LIFESTYLE KOREA TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA (Survey Pada Remaja di Jakarta Barat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)

Abstract

The purpose of this study is to analyze the impact of Korean popular culture on adolescent self-concept. Many people, including Indonesian adolescents, have noticed the Hallyu phenomenon, or Korean Wave, encompassing music, drama, fashion, and lifestyle. Adolescents, who are searching for their identity, incorporate this culture into their daily lives beyond just entertainment. A total of 100 adolescent respondents were administered a questionnaire as part of the quantitative methodology of this study. To ensure that respondents had characteristics consistent with the research focus, purposive sampling combined with non-probability sampling was used. This method allowed for a focus on how Korean culture influences adolescent identity development. A t-test statistical analysis was used to test the hypotheses. The findings indicated that Ha was accepted and H2 was rejected because the calculated t-value was higher than the tabulated t-value. These results indicate that Korean popular culture, especially lifestyle, has a significant impact on the development of adolescent self-concept in West Jakarta. Overall, Korean popular culture influences adolescent lifestyle decisions, desired social identity images, and self-perceptions. Adolescents use popular culture as a reference point when creating their self-concept in the context of globalization. As a result, Hallyu is a cultural tool that greatly influences the younger generation besides being a phenomenon in the entertainment world. Keywords: Popular Culture, Hallyu, Teenagers, Lifestyle, Self-Concept Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis dampak budaya populer Korea terhadap konsep diri remaja. Banyak orang, termasuk remaja Indonesia, telah memperhatikan fenomena Hallyu atau gelombang Korea, yang meliputi musik, drama, fashion, dan gaya hidup. Remaja yang sedang dalam masa pencarian jati diri memasukkan budaya ini ke dalam kehidupan sehari-hari selain menggunakannya sebagai hiburan. Sebanyak 100 remaja (responden) diberikan kuesioner sebagai bagian dari metodologi kuantitatif penelitian ini. Untuk memastikan bahwa responden memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan fokus penelitian, pengambilan sampel purposif bersama dengan pengambilan sampel non-probabilitas adalah strategi pengambilan sampel yang digunakan. Metode ini memungkinkan untuk memfokuskan penelitian pada bagaimana budaya Korea mempengaruhi perkembangan identitas remaja. Analisis statistik uji-t digunakan untuk menguji hipotesis. Temuan analisis menunjukkan bahwa Ha diterima dan H₀ ditolak karena nilai t hitung lebih tinggi dari t tabel. Hasil ini menunjukkan bahwa budaya populer Korea terutama Lifestyle memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan Konsep Diri remaja di Jakarta Barat. Secara keseluruhan, budaya populer Korea mempengaruhi keputusan gaya hidup remaja, citra identitas sosial yang diinginkan, dan persepsi diri. Remaja menggunakan budaya populer sebagai titik acuan ketika menciptakan konsep diri mereka dalam konteks globalisasi. Hasilnya, Hallyu adalah alat budaya yang sangat mempengaruhi generasi muda selain menjadi fenomena dalam dunia hiburan. Kata Kunci: Budaya Populer, Hallyu, Remaja, Lifestyle, Konsep Diri

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 137
NIM/NIDN Creators: 44221010001
Uncontrolled Keywords: Budaya Populer, Hallyu, Remaja, Lifestyle, Konsep Diri
Subjects: 200 Religion/Agama > 290 Other Religions/Agama Selain Kristen > 299 Other Religions/Agama-agama Lain > 299.6 Religion of amo Black Africans and People of Black African Descent/Agama Afrika Hitam dan Orang-orang Keturunan Afrika Hitam > 299.67 Specific Cults/Budaya Tertentu
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 646 Sewing Materials and Equipment, Clothing, Management of Personal and Family Life/Mesin Jahit dan Perlengkapan Menjahit, Pakaian, Management Pribadi dan Keluarga > 646.3 Clothing/Pakaian, Tata Busana, Mode Busana, Fashion
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 26 Jul 2025 04:30
Last Modified: 26 Jul 2025 04:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96283

Actions (login required)

View Item View Item