ANDIYANI, WINDI (2021) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PT TRITANU HEAD OFFICE PADA DIVISI CUSTOMER SERVICE DALAM MENANGANI KOMPLAIN PELANGGAN 2020. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER WINDY ANDIYANI.pdf Download (780kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
Abstract
PT Tritanu dengan tagline “Customer for life” sebagai salah satu produk layanan publik sebagai perusahaan jasa pelayanan purna jual (after sales service) mengutamakan pelayanan untuk pelanggannya. Melalui humas di devisi customer service perusahaan memberikan job desk yang juga menjalankan peran sebagai customer relations. Berdasarkan data yang peneliti dapatkan bulan Agustus 2020 26% komunikasi tidak berhasil dengan baik, maka masalah utama bersumber dari customer service. Strategi komunikasi yang diterapkan oleh customer service memiliki kesamaan teori perencanaan strategi komunikasi yang disampaikan Prof Onong Uchjana Effendy yaitu strategi komunikasi pada hakikatnya adalah perencanaan (communication planning) dan komunikasi manajemen (communication management) untuk mencapai suatu tujuan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan desain penelitian kualitatif. Menggunakan metode studi kasus melalui wawancara dan observasi untuk melakukan penelitian langsung. Subjek penelitiannya ialah customer service, Menggunakan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder setelah dilakukan pengumpulan data teknik analisis data menggunakan :Data Collect, Data Reduction ,Data Display dan Data Verification, Teknik pemeriksaan keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini membahas tahapan tahapan strategi komunikasi humas divisi customer service dalam menghadapi komplain pelanggan, yang meliputi Defining the problem,perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dijalankan oleh customer service PT Tritanu head office memiliki strategi komunikasi khusus dalam menangani komplain pelanggan nya. Menggunakan program respon time dan Preventive maintenance (Pemeliharaan mesin) dilakukan sebagai strategi menangani komplain agar perusahaan lebih terfokus memberikan pelayanan untuk para pelanggan dan dapat memberikan pelayanan yang pelanggan butuhkan. Kata kunci : Strategi komunikasi, Pelayanan, Customer service, Komplain
Actions (login required)
![]() |
View Item |