DZAMIR, MUHAMMAD SULTHAN (2025) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEMANFAATAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN DIGITAL DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (543kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
Abstract
This research aims to examine and evaluate the influence of perceived ease of use, perceived usefulness, and trust on the decision to adopt QRIS as a digital payment method in Jakarta. The study focuses on individuals who use QRIS for digital transactions in Jakarta. The sampling method applied is purposive sampling, with a total of 165 respondents participating in the study. This research adopts a quantitative approach, utilizing surveys for data collection through questionnaires that employ an ordinal scale. The collected data is then analyzed using the Partial Least Square (PLS) method. The findings confirm that perceived ease of use positively and significantly impacts the decision to use QRIS. Additionally, perceived usefulness has a strong and significant positive influence on usage decisions, while trust also plays a crucial role in encouraging QRIS adoption. Keywords: Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Trust, Usage Decision, QRIS. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Penggunaan QRIS sebagai media pembayaran digital di Jakarta. Populasi penelitian ini berfokus pada pengguna QRIS sebagai media pembayaran digital di Jakarta. Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sample dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 165 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode survei, dengan instrumen penelitian kuesioner menggunakan skala Ordinal sebagai alat penelitian kuesioner, dengan metode analisis data yang diolah dengan menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Kepercayaan, Keputusan Penggunaan, QRIS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FE/MJ. 25 127 |
NIM/NIDN Creators: | 43121010268 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Kepercayaan, Keputusan Penggunaan, QRIS. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 692 Auxiliary Construction Practices/Lain-lain yang Berhubungan dengan Pekerjaan Konstruksi > 692.5 Estimates of Labor, Time, Materials/Prakiraan Biaya Tenaga Kerja, Waktu dan Bahan-bahan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | khalimah |
Date Deposited: | 28 Jun 2025 09:08 |
Last Modified: | 28 Jun 2025 09:08 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |