PENGARUH BRAND AMBASSADOR PRODUK SCARLETT TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI SHOPEE (Survei Pada Remaja di SMAN 3 Tangerang)

AULIA, RAHMA (2025) PENGARUH BRAND AMBASSADOR PRODUK SCARLETT TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI SHOPEE (Survei Pada Remaja di SMAN 3 Tangerang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)

Abstract

The rapid development of technology has transformed all activities into internet-based ones. As is the case with the marketing system, it is now internetbased through new media as a means of communication by public relations. The current marketing strategy relies on interactive communication patterns through marketing public relations, utilizing brand ambassadors as a bridge to increase brand awareness, sales, and company image. This study aims to determine the effect of Scarlett product brand ambassadors on consumer behavior on Shopee. The theory used in this study is brand ambassadors and consumer behavior theory which is used to explain the relationship between variables X (brand ambassador) and Y (consumer behavior) used in this study. This research is quantitative methodology with a survey method and uses purposive sampling technique. The population of this study were students of SMAN 3 Tangerang class of 2023 and calculated using Slovin formula with total sampel of 181 peoples. Statistical analysis was carried out using the normality test, simple linear regression test, correlation coefficient, determination coefficient, F-test, and T-test. The results of this study show that there is an influence given by the use of Scarlett product brand ambassadors on consumer behavior on Shopee by 16.9%. The rest, 83.1% is influenced by other factors outside this study, such as price, product quality, other promotions, recommendations from friends or family, and personal consumer factors. This study concludes that implementing a marketing public relations strategy through the use of brand ambassadors in marketing a product, can create an effect of consumer interest and attraction to the advertised product. Keywords : Marketing Public Relations, Brand Ambassador, Consumer Behavior, New Media, E-Commerce Perkembangan teknologi yang begitu cepat telah mengubah seluruh kegiatan menjadi berbasis pada internet. Sebagaimana yang terjadi pada sistem pemasaran, kini menjadi berbasis pada internet melalui media baru sebagai alat berkomunikasi oleh public relations. Strategi pemasaran pada saat ini mengandalkan pola komunikasi interaktif melalui marketing public relations dengan menggunakan brand ambassador sebagai jembatan untuk meningkatkan kesadaran merek (awareness), penjualan, dan juga citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador produk Scarlett terhadap perilaku konsumen di Shopee. Teori yang digunakan pada penelitian ini brand ambassador dan teori perilaku konsumen yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antar variabel X (brand ambassador) dan Y (perilaku konsumen) yang digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini merupakan siswa/I SMAN 3 Tangerang angkatan 2023 yang diperoleh sampel dengan rumus slovin sebanyak 181 orang. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji normalitas, uji regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji F, dan uji T. Hasil penelitian ini menujukkan adanya pengaruh yang diberikan dari penggunaan brand ambassador produk Scarlett terhadap perilaku konsumen di Shopee sebesar 16,9%. Sisanya, 83,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini, seperti harga, kualitas produk, promosi lain, rekomendasi dari teman atau keluarga, dan faktor personal konsumen. Penelitian ini menyimpulkan bahwasanya dengan diterapkannya strategi marketing public relations melalui penggunaan brand ambassador dalam memasarkan sebuah poduk mampu menciptakan efek minat serta ketertarikan konsumen terhadap produk yang diiklankan tersebut. Kata Kunci : Marketing Public Relations, Brand Ambassador, Perilaku Konsumen, Media Baru, E-Commerce

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 117
NIM/NIDN Creators: 44221010057
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations, Brand Ambassador, Perilaku Konsumen, Media Baru, E-Commerce
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:12
Last Modified: 24 Jun 2025 06:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95888

Actions (login required)

View Item View Item