MAKNA KECANTIKAN PADA IKLAN SKINCARE GARNIER DI YOUTUBE BERDASARKAN PERSPEKTIF SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE (Versi Bright Complete Tahun 2023)

Ulfa, Faizah (2025) MAKNA KECANTIKAN PADA IKLAN SKINCARE GARNIER DI YOUTUBE BERDASARKAN PERSPEKTIF SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE (Versi Bright Complete Tahun 2023). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (FILE COVER)
44321110029-Faizah Ulfa-01 Cover - ulfa faizah.pdf

Download (518kB)
[img] Text (BAB I)
44321110029-Faizah Ulfa-02 Bab 1 - ulfa faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB II)
44321110029-Faizah Ulfa-03 Bab 2 - ulfa faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB III)
44321110029-Faizah Ulfa-04 Bab 3 - ulfa faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB IV)
44321110029-Faizah Ulfa-05 Bab 4 - ulfa faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text (BAB V)
44321110029-Faizah Ulfa-06 Bab 5 - ulfa faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44321110029-Faizah Ulfa-07 Daftar Pustaka - ulfa faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44321110029-Faizah Ulfa-08 Lampiran - ulfa faizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis makna kecantikan yang ditampilkan dalam iklan skincare Garnier di platform YouTube dengan menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Fokus utama penelitian adalah mengungkap representasi konsep kecantikan melalui tanda-tanda visual dan verbal dalam iklan. Kebaruan dari studi ini terletak pada penerapan pendekatan semiotik yang mendalam terhadap konten iklan digital, khususnya dengan menggunakan sembilan tipe tanda menurut Peirce: qualisign, sinsign, legisign, icon, index,symbol, rheme, dicentsign, dan argument. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Unit analisis mencakup elemen komunikasi visual seperti gambar, warna, ekspresi wajah, dan pencahayaan; komunikasi verbal seperti narasi, slogan, dan kata-kata;serta teknik pengambilan gambar dalam iklan Garnier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Garnier menyampaikan makna kecantikan ideal melalui citra model berkulit cerah dan percaya diri. Elemen verbal dan visual dalam iklan secara tidak langsung membentuk persepsi bahwa kecantikan identik dengan kulit cerah dan sehat, serta turut berperan dalam membentuk konstruksi sosial mengenai standar kecantikan di masyarakat. Kata Kunci: Semiotika, Kecantikan, Iklan, Garnier, YouTube

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44321110029
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Kecantikan, Iklan, YouTube
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: anggitto Surya Hadi Perpus Meruya
Date Deposited: 24 Jun 2025 04:20
Last Modified: 24 Jun 2025 04:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95815

Actions (login required)

View Item View Item