PAMA, OKA RAY (2025) STRATEGI KONVERGENSI MEDIA PENYIARAN PADA REDAKSI TEMPO : OPTIMALISASI PLATFORM YOUTUBE TEMPO.CO. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (785kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
Abstract
In the midst of rapid technological advances, media convergence is an absolute must. The phenomenon of convergence in reality has a major impact on changes in news production practices in the mass media. Tempo Media Group as one of the leading media entities in Indonesia also carries out a convergence strategy to maintain its existence as a media that has long been a trusted reference for the public. This study examines how Tempo's editorial strategy optimizes the YouTube platform in dealing with changes in people's behavior in consuming news. The paradigm used in this study is the constructivist paradigm with a qualitative approach. This research method is a case study with in-depth interview data collection techniques, observations and literature studies. The data obtained are then analyzed descriptively to identify patterns and themes that are relevant to the research objectives. Data were collected through indepth interviews with related parties from Tempo Media Group. Key informants in this study were Raymundus Rikang as Tempo's Executive Editor, Praga Utama as Tempo's Editor, Ihsan Zahri as Tempo TV Producer and Fadhil Sofyan as Tempo's Audience Development Team Leader. The theory used as the basis for this research is Peter Pringle's electronic media strategy management theory which has 4 aspects, namely Program Planning, Program Production, Program Execution and Program Evaluation. The results of the study found that in optimizing content on the YouTube platform, Tempo uses 3 framework strategies, namely hero content, hub content and help content. Then, the results of this study also found that Tempo transformed through a single brand strategy to utilize the digital platform as an extension of printed journalistic products, podcasts that are currently popular with the public not only function as companions to Tempo's reports, but also as a means of conveying information that is not available in the printed version of Tempo. Through podcasts, important data that has been verified, which cannot be published in print magazines, is presented in a discussion of about one hour for each episode. With the adaptation using this new media, it brings changes in the operations of this print media, including when producing digital content, in terms of human resources, and in the technology used. Kata kunci : Media Convergence, Journalism, Tempo Media, YouTube, News, Mass Media Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, konvergensi media adalah suatu hal mutlak yang harus diadaptasi. Fenomena konvergensi pada faktanya berpengaruh besar pada perubahan praktek produksi berita di media massa. Tempo Media Group sebagai salah satu entitas media terkemuka di Indonesia juga melakukan strategi konvergensi untuk mempertahankan eksistensinya sebagai sebagai sebuah media yang sudah lama menjadi referensi terpercaya publik. Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi redaksi Tempo mengoptimalisasikan platform YouTube dalam menghadapi perubahan perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi berita. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivist dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik pengambilan data wawancara mendalam, observasi dan studi literatur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi pola dan tema yang relevan dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait dari Tempo Media Grup. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Raymundus Rikang selaku Redaktur Eksekutif Tempo, Praga Utama selaku Redaktur Tempo, Ihsan Zahri selaku Produser Tempo TV dan Fadhil Sofyan selaku ketua tim pengembangan Audiens Tempo. Teori yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah teori manajemen strategi media elektronik dari Peter Pringle yang memiliki 4 aspek yaitu Perencanaan Program, Produksi Program, Eksekusi Program dan Evaluasi Program. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam mengoptimalisasikan konten di platform YouTube, Tempo menggunakan 3 strategi framework, yaitu hero content, hub content dan help content. Kemudian, hasil penelitian ini juga menemukan bahwa Tempo bertransformasi melalui strategi single brand untuk memanfaatkan platform digital sebagai esktensifikasi dari produk jurnalistik cetak, podcast yang saat ini tengah digemari oleh masyarakat tidak hanya berfungsi sebagai pendamping laporan dari Tempo, tetapi juga sebagai sarana untuk menyampaikan informasi yang tidak tersedia dalam versi cetak Tempo. Melalui podcast, data penting yang telah diverifikasi, yang tidak dapat dimuat di majalah cetak, disajikan dalam diskusi sekitar satu jam untuk setiap episodenya. Dengan adanya adaptasi menggunakan media baru ini membawa perubahan dalam operasional dalam media cetak ini, diantaranya ketika dalam memproduksi konten digital, dalam segi sumber daya manusianya, serta dalam teknologi yang digunakan. Kata kunci : Konvergensi media, Redaksi, Tempo, YouTube, Berita, Media Massa
Actions (login required)
![]() |
View Item |