EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN DOKUMENTER “ASAL USUL FLORA FAUNA” DI TRANS7, TERHADAP MASYARAKAT KAMPUNG PONDOK BETUNG RT 08 RW 05 TANGERANG. PERIODE JANUARY 2010

SETIANTO, AGUNG (2010) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN DOKUMENTER “ASAL USUL FLORA FAUNA” DI TRANS7, TERHADAP MASYARAKAT KAMPUNG PONDOK BETUNG RT 08 RW 05 TANGERANG. PERIODE JANUARY 2010. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)

Abstract

Komunikasi merupakan hal yang dibutuhkan didalam kehidupan manusia, dimana komunikasi adalah salah satu aset terpenting dalam perkembangan kehidupan seseorang. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis tertarik untuk membahas dan mengetahui sejauh mana efek dari tayangan acara televisi yang bersifat Dokumenter bagi kehidupan masyarakat, dengan mengambil judul “ Efek Kongnitif Dan Afektif tayangan Asal Usul flora fauna Pada Stasiun Televisi Trans7 Terhadap Masyarakat Kampung Pondok Betung, Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah sejauh mana Efek Kognitif dan Afektif Tayangan Asal Usul Pada Stasiun Televisi Trans7 Terhadap Masyarakat Kampung Pondok Betung, Tangerang. Efek komunikasi massa merupakan setiap perubahan yang terjadi didalam diri penerima, karena menerima pesan – pesan dari suatu sumber. Perubahan ini meliputi perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan tingkah atau kegiatan nyata. Komunikasi dikatakan efektif apabila ia menghasilkan efek – efek atau perubahan sebagai yang diharapkan oleh sumber seperti pengetahuan, sikap juga tindakan. Perubahan dipihak penerima ini diketahui dari tanggapan tanggapan yang diberikan penerima sebagai umpan balik. Pada proses komunikasi massa tentunya mempunyai beberapa dampak atau efek yang terjadi. Dampak atau efek yang dimaksud disini adalah perubahan perilaku atau sikap seseorang setelah mendapatkan suatu informasi dari media massa yang ada. Pada penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu hanya menjelaskan situasi dan peristiwa dan hasilnya diharapkan mampu menggabungkan dan menjabarkan fenomena – fenomena yang terjadi di masyarakat dalam kaitannya dengan topik penelitian. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Populasi yang menjadi fokus adalah Masyarakat Kampung Pondok Betung, Rt 08 Rw 05 Tangerang. Yang berjumlah 436 orang. Dengan menggunakan rumus Arikunto, diambil 87 responden sebagai sampel. Hasil penelitian ini dengan menggunakan 2 ( dua ) efek yaitu efek Kognitif dan efek Afektif, menunjukan bahwa tayangan Asal Usul pada stasiun televisi Trans7 terhadap Masyarakat Kampung Pondok Betung Rt o8 Rw 05 Tangerang adalah berpengaruh POSITIF / TINGGI dan jika dipresentasekan yaitu sebanyak 80.45 %. Efek kognitif mempunyai frekuensi sekitar 70. dan Efek Afektif sebanyak 70. dari data tersebut mempunyai tingkat perhatian yang sama dan tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 132
NIM/NIDN Creators: 04102-002
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: RIZKY MIJKA EDELWEIS
Date Deposited: 23 May 2025 04:06
Last Modified: 23 May 2025 04:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95593

Actions (login required)

View Item View Item