KHAIRUNNISA, MEILIANTI (2025) ANALISIS PENGARUH PALANG PERLINTASAN KERETA API TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS: JALAN RAWAJATI TIMUR, JAKARTA SELATAN). S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA - BUNCIT.
|
Text (COVER)
41120120040 - Meilianti Khairunnisa - 01 Cover.pdf Download (450kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
41120120040 - Meilianti Khairunnisa - 02 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
41120120040 - Meilianti Khairunnisa - 03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
41120120040 - Meilianti Khairunnisa - 04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
41120120040 - Meilianti Khairunnisa - 05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
41120120040 - Meilianti Khairunnisa - 06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41120120040 - Meilianti Khairunnisa - 07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
41120120040 - Meilianti Khairunnisa - 08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
Abstract
Perkembangan pesat sarana transportasi di Jakarta beriringan dengan peningkatan populasi yang mencapai 10.672.100 jiwa pada tahun 2023, menjadikan kota ini sebagai yang terpadat di Indonesia. Kereta api sebagai moda transportasi populer menghadapi tantangan signifikan di perlintasan sebidang, terutama di Jalan Rawajati Timur, Jakarta Selatan, yang sering mengalami kemacetan. Penutupan palang pintu kereta api saat kereta melintas mengakibatkan antrean kendaraan yang panjang dan waktu tunggu yang lama, berpotensi menurunkan kinerja jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lalu lintas di Jalan Rawajati Timur pada jam sibuk, serta mengkaji pengaruh penutupan perlintasan terhadap arus lalu lintas dan waktu tundaan. Metode shock wave digunakan untuk menghitung panjang antrean dan waktu tundaan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran mengenai volume, kecepatan, dan Kepadatan lalu lintas akibat penutupan palang pintu, serta menjadi masukan bagi pihak berwenang dalam evaluasi lalu lintas dan peningkatan pelayanan transportasi di Jakarta. Penelitian ini dibatasi pada lokasi dan jenis kendaraan tertentu, serta analisis dilakukan sesuai dengan PKJI 2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pelayanan jalan tertinggi terjadi pada hari Rabu, 06 November 2024, dengan nilai Dj = 0,77. Artinya, nilai Dj ≤ 0,85, maka segmen jalan dianggap masih memiliki kinerja yang baik. Berdasarkan perhitungan metode shockwave, penutupan palang pintu kereta api terlama tercatat pada pukul 12.00-13.00 dengan durasi penutupan selama 365,4 detik. Dengan panjang antrean terbesar adalah (Qm) = 0,1951 km dan tundaan sebesar 432,988 detik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41120120040 |
Uncontrolled Keywords: | PKJI 2023, Kinerja Ruas Jalan, Perlintasan Sebidang, Metode Greenshields, Metode Shockwave. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Rel Kereta Api |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Rifky |
Date Deposited: | 07 May 2025 02:07 |
Last Modified: | 07 May 2025 02:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |