PENGINTEGRASIAN METODE CRASHING DAN SIX SIGMA TERHADAP KINERJA WAKTU DAN KUALITAS PADA STRUKTUR JEMBATAN LRT

ABIDIN, MAULANA (2025) PENGINTEGRASIAN METODE CRASHING DAN SIX SIGMA TERHADAP KINERJA WAKTU DAN KUALITAS PADA STRUKTUR JEMBATAN LRT. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01_COVER.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text (BAB II)
03_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
05_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
06_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)

Abstract

In order to increase economic growth through infrastructure development in Indonesia, the Jabodebek LRT project is included in the National Strategic Project that is accelerating. The construction began in 2015 and ended in April 2019, but its realization is still around 50%. So to anticipate this, it is necessary to integrate the Crashing method using overtime calculations and Six Sigma with the DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) concept and the RII (Relative Important Index) method using validation to determine the dominant factors that cause project delays. From the analysis results, it was found that for the Crashing method where the normal project implementation time is 466 days, after overtime hours were applied, the duration became 419 days. The integration of the Six Sigma method can be done when the Crashing method calculation has been completed in determining the lowest Cost Slope where the defects obtained are quite high, namely 192,667 or equivalent to sigma 3.47. Then, in the accelerated activities, the DMAIC concept in the Six Sigma method can be applied to anticipate defects that arise due to the faster project implementation time in the Crashing method. And from the survey results using the RII method, 10 factors were obtained that must be considered when implementing the Crashing and Six Sigma methods. So that when these factors can be controlled, it will produce a faster time of 47 days from the normal time and without reducing the quality of the work results. KEYWORDS: Jabodebek LRT Project, Crashing, Cost Slope, Six Sigma, DMAIC, RII Dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan infrastruktur di Indonesia, proyek LRT Jabodebek termasuk dalam Proyek Strategis Nasional yang melakukan percepatan. Pembangunan tersebut dimulai pada tahun 2015 dan berakhir pada April 2019, namun realisasinya masih di kisaran 50%. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut perlu dilakukan pengintegrasian antara metode Crashing dengan menggunakan perhitungan jam lembur dan Six Sigma dengan konsep DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) serta metode RII (Relative Important Index) menggunakan validasi untuk mengetahui faktorfaktor dominan yang menyebabkan keterlambatan proyek. Dari hasil analisa didapatkan bahwa untuk metode Crashing dimana waktu normal pelaksanaan proyeknya adalah 466 hari, setelah diterapkan jam lembur maka durasinya menjadi 419 hari. Untuk pengintegrasian metode Six Sigma dapat dilakukan ketika perhitungan metode Crashing telah selesai dalam menentukan Cost Slope terendah dimana defect yang didapatkan cukup tinggi yaitu 192.667 atau setara dengan sigma 3,47. Kemudian pada kegiatan yang mengalami percepatan tersebut maka konsep DMAIC pada metode Six Sigma dapat diterapkan untuk mengantisipasi defectdefect yang timbul akibat dari durasi waktu pelaksanaan proyek yang lebih cepat pada metode Crashing. Dan dari hasil survey dengan menggunakan metode RII didapat 10 faktor yang harus diperhatikan saat penerapan metode Crashing dan Six Sigma. Sehingga ketika faktor-faktor tersebut dapat dikendalikan maka akan menghasilkan waktu yg lebih cepat sebanyak 47 hari dari waktu normal dan tanpa mengurangi kualitas dari hasil pekerjaan tersebut. KATA KUNCI : Proyek LRT Jabodebek, Crashing, Cost Slope, Six Sigma, DMAIC, RII

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/557. 25 016
NIM/NIDN Creators: 55717010009
Uncontrolled Keywords: Proyek LRT Jabodebek, Crashing, Cost Slope, Six Sigma, DMAIC, RII
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil > 624.6 Arch Bridges/Jembatan Lengkung
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 692 Auxiliary Construction Practices/Lain-lain yang Berhubungan dengan Pekerjaan Konstruksi > 692.5 Estimates of Labor, Time, Materials/Prakiraan Biaya Tenaga Kerja, Waktu dan Bahan-bahan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.9 Other Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum Lainnya > 725.98 Bridges, Tunnels, Moats/Jembatan, Terowongan
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:48
Last Modified: 23 Apr 2025 07:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95296

Actions (login required)

View Item View Item