PENGARUH CSR COMMUNICATION TERHADAP LEGITIMACY, TRUST DAN REPUTATION BPJS KETENAGAKERJAAN

RADIASTRA, BRIAN (2025) PENGARUH CSR COMMUNICATION TERHADAP LEGITIMACY, TRUST DAN REPUTATION BPJS KETENAGAKERJAAN. S2 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 01 COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 2)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 4)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB 5)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

BPJS Ketenagakerjaan menghadapi tantangan reputasi akibat dugaan penyimpangan dana investasi, yang menimbulkan krisis kepercayaan publik. Untuk mengatasi hal ini, Corporate Social Responsibility (CSR) communication menjadi strategi yang esensial dalam membangun kembali legitimasi dan reputasi institusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR communication terhadap corporate reputation BPJS Ketenagakerjaan melalui peran mediasi corporate legitimacy dan corporate trust. Menggunakan teori legitimasi dan teori pertukaran sosial, penelitian ini menekankan bahwa komunikasi CSR yang transparan dan konsisten dapat memperkuat kepercayaan publik terhadap institusi publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode structural equation modeling-partial least squares (SEM-PLS), melibatkan 315 responden yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR communication memiliki pengaruh positif signifikan terhadap corporate legitimacy dan corporate trust, yang pada akhirnya meningkatkan corporate reputation. Selain itu, corporate legitimacy terbukti berperan sebagai mediator yang memperkuat hubungan antara CSR communication dan corporate reputation, sementara corporate trust tidak memiliki efek mediasi yang signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa transparansi dan konsistensi dalam komunikasi CSR dapat menjadi faktor kunci dalam membangun kepercayaan dan reputasi BPJS Ketenagakerjaan, terutama dalam situasi pasca krisis. Secara praktis, hasil penelitian ini merekomendasikan BPJS Ketenagakerjaan untuk mengadopsi strategi komunikasi CSR yang lebih proaktif, berbasis nilai, dan berorientasi pada kepentingan publik guna memperkuat legitimasi institusi serta meningkatkan persepsi positif masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55221120038
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR) communication, corporate legitimacy, corporate trust, corporate reputation, BPJS Ketenagakerjaan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.9 Accounting for Specific Kinds of Organizations/Akuntansi untuk Jenis Organisasi Tertentu > 657.95 Corporations/Perusahaan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.045 Corporations/Perusahaan
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 27 Mar 2025 04:20
Last Modified: 27 Mar 2025 04:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/95111

Actions (login required)

View Item View Item