RADIASTRA, BRIAN (2025) PENGARUH CSR COMMUNICATION TERHADAP LEGITIMACY, TRUST DAN REPUTATION BPJS KETENAGAKERJAAN. S2 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.
|
Text (COVER)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 01 COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
55221120038 - BRIAN RADIASTRA - 09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
BPJS Ketenagakerjaan menghadapi tantangan reputasi akibat dugaan penyimpangan dana investasi, yang menimbulkan krisis kepercayaan publik. Untuk mengatasi hal ini, Corporate Social Responsibility (CSR) communication menjadi strategi yang esensial dalam membangun kembali legitimasi dan reputasi institusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR communication terhadap corporate reputation BPJS Ketenagakerjaan melalui peran mediasi corporate legitimacy dan corporate trust. Menggunakan teori legitimasi dan teori pertukaran sosial, penelitian ini menekankan bahwa komunikasi CSR yang transparan dan konsisten dapat memperkuat kepercayaan publik terhadap institusi publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode structural equation modeling-partial least squares (SEM-PLS), melibatkan 315 responden yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR communication memiliki pengaruh positif signifikan terhadap corporate legitimacy dan corporate trust, yang pada akhirnya meningkatkan corporate reputation. Selain itu, corporate legitimacy terbukti berperan sebagai mediator yang memperkuat hubungan antara CSR communication dan corporate reputation, sementara corporate trust tidak memiliki efek mediasi yang signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa transparansi dan konsistensi dalam komunikasi CSR dapat menjadi faktor kunci dalam membangun kepercayaan dan reputasi BPJS Ketenagakerjaan, terutama dalam situasi pasca krisis. Secara praktis, hasil penelitian ini merekomendasikan BPJS Ketenagakerjaan untuk mengadopsi strategi komunikasi CSR yang lebih proaktif, berbasis nilai, dan berorientasi pada kepentingan publik guna memperkuat legitimasi institusi serta meningkatkan persepsi positif masyarakat.
Actions (login required)
![]() |
View Item |