STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MENANAMKAN NILAI AKTIF KREATIF KEPADA MAHASISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PERKULIAHAN PRAKTIKUM (Studi Kasus Dosen Praktikum Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana)

RAHARJO, JAFAR ADHIYAKSA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MENANAMKAN NILAI AKTIF KREATIF KEPADA MAHASISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PERKULIAHAN PRAKTIKUM (Studi Kasus Dosen Praktikum Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This research aims to identify and analyze effective communication strategies in instilling active and creative values in students in practical lectures. Practical lectures have an important role in learning because they allow students to apply the theory learned directly. However, sometimes students tend to be passive and less creative in participating in practicums. Therefore, it is important to develop communication strategies that can encourage students to be more active and creative in the learning process. The method used in this research is a qualitative approach with descriptive research type. Data was collected through in-depth interviews with lecturers and students, as well as observations during practical lectures. Data analysis was carried out using thematic analysis techniques to identify factors that influence communication in practicum lectures, as well as strategies that can be implemented to increase student involvement. The research results show that effective communication between lecturers and students, such as providing constructive feedback, using interesting learning media, and developing more inclusive interactions, can foster active and creative values in students. Apart from that, the use of problem-based learning and collaborative learning methods has proven to be effective in stimulating student creativity. This research contributes to developing better communication strategies in practical lectures, as well as providing recommendations for lecturers to better facilitate students in developing their active and creative abilities. Keywords: Communication Strategy, Active Creative, Practical Lectures. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi komunikasi yang efektif dalam menanamkan nilai aktif dan kreatif pada mahasiswa dalam perkuliahan praktikum. Perkuliahan praktikum memiliki peran penting dalam pembelajaran karena memungkinkan mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari secara langsung. Namun, terkadang mahasiswa cenderung pasif dan kurang kreatif dalam mengikuti praktikum. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan strategi komunikasi yang dapat mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa, serta observasi selama perkuliahan praktikum. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi komunikasi dalam perkuliahan praktikum, serta strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif antara dosen dan mahasiswa, seperti pemberian feedback yang konstruktif, penggunaan media pembelajaran yang menarik, dan pengembangan interaksi yang lebih inklusif, dapat menumbuhkan nilai aktif dan kreatif pada mahasiswa. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dan pembelajaran kolaboratif terbukti efektif dalam merangsang kreativitas mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi komunikasi yang lebih baik dalam perkuliahan praktikum, serta memberikan rekomendasi bagi dosen untuk lebih memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan aktif dan kreatif mereka. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Aktif Kreatif, Perkuliahan Praktikum.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 25 018
NIM/NIDN Creators: 44519010020
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Aktif Kreatif, Perkuliahan Praktikum.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 15 Mar 2025 07:27
Last Modified: 15 Mar 2025 07:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94920

Actions (login required)

View Item View Item