PESAN KEKELUARGAAN DALAM IKLAN BEAR BRAND "MURNIKAN HATI DAN JAGA KONDISI" EDISI RAMADHAN TAHUN 2024 DI MEDIA YOUTUBE

NISSA, FAYZA ALLYA (2025) PESAN KEKELUARGAAN DALAM IKLAN BEAR BRAND "MURNIKAN HATI DAN JAGA KONDISI" EDISI RAMADHAN TAHUN 2024 DI MEDIA YOUTUBE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Advertising is one of the communication media that not only aims to promote products, but can also be used to convey social and emotional messages to its target consumers. This research analyzes the signs that represent the existence of a family message in the Ramadan edition of Bear Brand clan 2024 entitled “Murnikan Hati dan Jaga Kondisi” on Youtube media. This ad tells how a married son still takes care of his sick mother, even though he has other responsibilities. This study aims to identify the signs of family messages contained in the advertisement “Murnikan Hati dan Jaga Kondisi” and to analyze the representation of the meaning of family messages in the advertisement “Murnikan Hati dan Jaga Kondisi”. This study analyzes five scene pieces in this advertisement that reflect the existence of a family message using a qualitative approach with a constructivism paradigm and the Charles Sanders Peirce semiotic analysis research method which is divided into three main elements, namely Representamen, Object, and Interpretant. It can be concluded that the results of the study show a family message in the form of a harmonious and loving family relationship. Which is represented through various verbal and non-verbal signs such as character dialog, facial expressions, character activities, and cinematography that support the emotional atmosphere. With an emotional approach, this advertisement has succeeded in building a good relationship with its target consumers as shown by the large number of viewers and positive comments on their Youtube page. Keywords: Advertisement, Kinship Message, Semiotic Analysis, Charles Sanders Peirce Iklan merupakan salah satu media komunikasi yang tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan produk, namun juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan sosial dan emosional kepada target konsumennya. Penelitian ini menganalisa tanda-tanda yang merepresentasikan adanya pesan kekeluargaan dalami klan Bear Brand edisi Ramadhan tahun 2024 yang berjudul ”Murnikan Hati dan Jaga Kondisi” pada media Youtube. Iklan ini menceritakan bagaimana seorang anak yang telah berkeluarga tetap merawat ibunya yang sedang sakit, meskipun ia memiliki tanggung jawab lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanda-tanda pesan kekeluargaan yang terdapat dalam iklan ”Murnikan Hati dan Jaga Kondisi” serta untuk menganalisis representasi makna pesan kekeluargaan dalam iklan ”Murnikan Hati dan Jaga Kondisi”. Penelitian ini menganalisa lima potongan scene dalam iklan ini yang mencerminkan adanya pesan kekeluargaan menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstrukstivisme dan metode penelitian analisa semiotika Charles Sanders Peirce yang terbagi menjadi tiga elemen utama yaitu Representamen, Object, dan Interpretant. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan adanya pesan kekeluargaan berupa hubunan keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang. Yang direpresentasikan melalui berbagai tanda verbal dan non-verbal seperti dialog karakter, ekspresi wajah, aktivitas karakter, dan sinematografi yang mendukung suasana emosional. Dengan pendekatan emosional, iklan ini berhasil membangun hubungan yang baik dengan target konsumennya yang ditunjukkan melalui banyaknya jumlah penonton dan komentar positif pada laman Youtube mereka. Kata Kunci: Iklan, Pesan Kekeluargaan, Analisis Semiotika, Charles Sanders Peirce

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 25 016
NIM/NIDN Creators: 44521010055
Uncontrolled Keywords: Iklan, Pesan Kekeluargaan, Analisis Semiotika, Charles Sanders Peirce
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 12 Mar 2025 00:58
Last Modified: 12 Mar 2025 00:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94807

Actions (login required)

View Item View Item