NISSA, FAYZA ALLYA (2025) PESAN KEKELUARGAAN DALAM IKLAN BEAR BRAND "MURNIKAN HATI DAN JAGA KONDISI" EDISI RAMADHAN TAHUN 2024 DI MEDIA YOUTUBE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (643kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
Abstract
Advertising is one of the communication media that not only aims to promote products, but can also be used to convey social and emotional messages to its target consumers. This research analyzes the signs that represent the existence of a family message in the Ramadan edition of Bear Brand clan 2024 entitled “Murnikan Hati dan Jaga Kondisi” on Youtube media. This ad tells how a married son still takes care of his sick mother, even though he has other responsibilities. This study aims to identify the signs of family messages contained in the advertisement “Murnikan Hati dan Jaga Kondisi” and to analyze the representation of the meaning of family messages in the advertisement “Murnikan Hati dan Jaga Kondisi”. This study analyzes five scene pieces in this advertisement that reflect the existence of a family message using a qualitative approach with a constructivism paradigm and the Charles Sanders Peirce semiotic analysis research method which is divided into three main elements, namely Representamen, Object, and Interpretant. It can be concluded that the results of the study show a family message in the form of a harmonious and loving family relationship. Which is represented through various verbal and non-verbal signs such as character dialog, facial expressions, character activities, and cinematography that support the emotional atmosphere. With an emotional approach, this advertisement has succeeded in building a good relationship with its target consumers as shown by the large number of viewers and positive comments on their Youtube page. Keywords: Advertisement, Kinship Message, Semiotic Analysis, Charles Sanders Peirce Iklan merupakan salah satu media komunikasi yang tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan produk, namun juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan sosial dan emosional kepada target konsumennya. Penelitian ini menganalisa tanda-tanda yang merepresentasikan adanya pesan kekeluargaan dalami klan Bear Brand edisi Ramadhan tahun 2024 yang berjudul ”Murnikan Hati dan Jaga Kondisi” pada media Youtube. Iklan ini menceritakan bagaimana seorang anak yang telah berkeluarga tetap merawat ibunya yang sedang sakit, meskipun ia memiliki tanggung jawab lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanda-tanda pesan kekeluargaan yang terdapat dalam iklan ”Murnikan Hati dan Jaga Kondisi” serta untuk menganalisis representasi makna pesan kekeluargaan dalam iklan ”Murnikan Hati dan Jaga Kondisi”. Penelitian ini menganalisa lima potongan scene dalam iklan ini yang mencerminkan adanya pesan kekeluargaan menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstrukstivisme dan metode penelitian analisa semiotika Charles Sanders Peirce yang terbagi menjadi tiga elemen utama yaitu Representamen, Object, dan Interpretant. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan adanya pesan kekeluargaan berupa hubunan keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang. Yang direpresentasikan melalui berbagai tanda verbal dan non-verbal seperti dialog karakter, ekspresi wajah, aktivitas karakter, dan sinematografi yang mendukung suasana emosional. Dengan pendekatan emosional, iklan ini berhasil membangun hubungan yang baik dengan target konsumennya yang ditunjukkan melalui banyaknya jumlah penonton dan komentar positif pada laman Youtube mereka. Kata Kunci: Iklan, Pesan Kekeluargaan, Analisis Semiotika, Charles Sanders Peirce
Actions (login required)
![]() |
View Item |