KEBIASAAN BERINVESTASI SAHAM DIKALANGAN GENERASI Z (Studi Pada Pekerja Fresh Graduate)

APRIYANTO, AGUNG (2025) KEBIASAAN BERINVESTASI SAHAM DIKALANGAN GENERASI Z (Studi Pada Pekerja Fresh Graduate). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

In this modern era, many people are now starting to realize the importance of investing. Investment is the purchase of a certain amount of funds or other resources to gain profits in the future, and it poses a challenge to change various conventional business models. In the modern era, there are many applications that can be used as investment media. By having good technology, financial literacy, social media, and social pressure, it is hoped that Generation Z can make investment decisions without easily being deceived by the increasing side of foolish investments in society. Therefore, the purpose of this research is to determine the influence of technology, financial literacy, social media, and social pressure on the investment decisions of Generation Z. Using the theory of financial behavior. The method used in the research is quantitative with SPSS version 26. With a total population of 50, the sample was drawn using the simple random sampling method and the Slovin's formula, with 44 respondents tested. The results of this study indicate that technology, financial literacy, social media, and social pressure have a positive and significant impact on investment decisions among the 44 employees tested. Keywords: Technology, Financial Literacy, Social Media, Social Pressure, Behavioral Finance Theory, and Investment Decisions Di zaman moderen ini, banyak orang sekarang mulai menyadari pentingnya berinvestasi. Investrasi adalah pembelian sejumlah dana atau sumber daya lainnya untuk memperoleh keuntungan dimasa depan, merupakan suatu tantangan uantuk menubah berbagai model bisnis konvensional. Era moderen, banyak aplikasi yang dapat digunakan sebagai media investasi. Dengan memiliki teknologi,literasi keuangan,media sosial,dan tekanan sosial yang baik, diharapkan generasi Z dapat menentukan keputusan investasi dengan tidak mudah tertipu dengan sisi lain investasi bodog yang semakin meningkat dikalangan masyarakat. Oleh karena itutujian penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Teknologi, literasi keuangan, media sosial dan tekanan sosial berpengaruh terhadap keputusan investasi generasi Z. Menggunakan teori perilaku keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan SPSS versi 26. Dengan total populasi 50 dengan penarikan sempel menggunakan metode simple random sampling dan menggunakan rumus slovin dan data yang di uji sebanyak 44 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Teknologi, literasi keuangan, media sosial, dan tekanan sosial berpengaruh positif dan signifikan dalam melakukan keputusan investasi terhadap 44 karyawan yang di uji. Kata kunci: Teknologi, Literasi Keuangan, Media Sosial, Tekanan Sosial, Teori Perilaku Keuangan dan Keputusan Investasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 25 056
NIM/NIDN Creators: 43220120058
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Literasi Keuangan, Media Sosial, Tekanan Sosial, Teori Perilaku Keuangan dan Keputusan Investasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.1 Administration and Library Management/Administrasi dan Manajemen Perpustakaan > 025.11 Finance/Keuangan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.6 Investment/Investasi
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:20
Last Modified: 11 Mar 2025 06:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94785

Actions (login required)

View Item View Item