PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK UNTUK MEMBANGUN RASA KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA UNIVERSITAS MERCUBUANA

TABASUM, FADHIL PRADIPTA (2025) PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK UNTUK MEMBANGUN RASA KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA UNIVERSITAS MERCUBUANA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)

Abstract

Based on the research focus previously formulated by the researcher, this research aims to analyze the use of Tik Tok content for self-confidence by UMB students. Social media, especially Tik Tok, has a new function as a tool to increase self-confidence among teenagers. This research aims to understand the use of Tik Tok content on adolescent self-confidence. This research targets Mercubuana students aged 20-22 years, with a target number of around 10 people. The researcher used a qualitative descriptive type. The qualitative descriptive research method focuses more on exploring or photographing the social situation that will be researched thoroughly, broadly and in depth. The researcher took descriptive qualitative as the type of research because the researcher wanted to know the meaning and understanding of teenagers regarding the benefits caused by Social Media (Tiktok). Researchers formulated and analyzed the use of TikTok content on UMB students' self-confidence. The purposive sampling technique is a technique for determining data sources based on considerations determined by the researcher to make it easier for researchers to explore certain objects or social situations. The selection of subjects was based on differences in age and place of residence. The selection of research subjects that differ in criteria is intended so that this research can receive diverse interpretations. The research results show that students who actively use TikTok can use it as motivation to develop and increase their mental resilience. Even though there are challenges, such as negative comments, students who actively use TikTok can turn their self-confidence into motivation. This is beneficial for education, personal development, and digital marketing strategies. Keyword: Social Media, Tiktok, Self Confidence, Deskriptif Kualitatif, Student Mengacu pada fokus penelitian yang peneliti rumuskan sebelumnya, maka penelitian ini dilangsungkan dengan tujuan untuk menganalisis pemanfaatan konten Tik Tok untuk kepercayaan diri oleh Mahasiswa UMB. Media sosial, khususnya Tik Tok, telah memiliki fungsi baru sebagai alat untuk meningkatkan kepercayaan diri di kalangan remaja. Penelitian ini dilangsungkan dengan tujuan untuk memahami penggunaan konten Tik Tok terhadap kepercayaan diri remaja. Penelitian ini menargetkan mahasiswa mercubuana berusia 20-22 tahun, dengan jumlah target sekitar 10 orang. peneliti menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif lebih memfokuskan mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara luas, menyeluruh, dan mendalam. Peneliti mengambil deskriptif kualitatif sebagai jenis penelitiannya karena peneliti ingin mengetahui pemaknaan dan pemahaman para remaja terhadap manfaat yang disebabkan oleh Media Sosial (Tiktok). Peneliti merumuskan dan menganalisis pemanfaatan konten Tiktok terhadap kepercayaan diri mahasiswa UMB. Teknik pengambilan purposive sampling merupakan teknik penentuan sumber data berdasarkan pertimbangan yang ditentukan oleh peneliti agar dapat memudahkan peneliti dalam mengeksplorasi obyek atau situasi sosial tertentu. Pemilihan subyek berdasarkan perbedaan umur dan tempat tinggal. Pemilihan subyek penilitan yang berbeda dalam kriteria dimaksudkan agar penelitian ini mendapatkan interpretasi yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang aktif menggunakan Tiktok dapat menjadikannya sebagai motivasi untuk berkembang dan meningkatkan ketahanan mental mereka. Meskipun ada tantangan, seperti komentar negatif, mahasiswa yang secara aktif menggunakan Tiktok dapat mengubah kepercayaan diri mereka menjadi motivasi. Hal ini bermanfaat untuk pendidikan, pengembangan pribadi, dan strategi pemasaran digital. Kata Kunci: Media Sosial, Tiktok, Kepercayaan Diri, Deskriptif Kualitatif, Mahasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 25 015
NIM/NIDN Creators: 44519010008
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Tiktok, Kepercayaan Diri, Deskriptif Kualitatif, Mahasiswa
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 001 Knowledge/Ilmu Pengetahuan > 001.4 Research; Statistical Methods/Riset; Metode Statistik > 001.43 Descriptive and Experimental Methods/Riset Deskriptif, Metode Eksperimen dan Percobaan Ilmiah > 001.433 Descriptive Method/Metode Deskriptif
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Students/Siswa, Murid, Pelajar
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 06 Mar 2025 06:26
Last Modified: 06 Mar 2025 06:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94680

Actions (login required)

View Item View Item