PERSONAL BRANDING KONTEN KREATOR NYAK KOPSAH SEBAGAI PERAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI INSTAGRAM @nyak_kopsah

MARCHANE, CHADIKYA YOLLA (2025) PERSONAL BRANDING KONTEN KREATOR NYAK KOPSAH SEBAGAI PERAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI INSTAGRAM @nyak_kopsah. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)

Abstract

Personal branding is how a person builds an image and reputation of themselves in the eyes of others. It involves recognizing one's uniqueness, values and expertise, and how to convey them to the public. This research aims to find out how the formation of Nyak Kopsah's personal branding as a content creator who acts as a housewife through the Instagram social media platform. This research method uses descriptive qualitative with the theory of eight personal branding concepts from Peter Montoya, which include specialization, leadership, personality, difference, appearance, unity, constancy, and good name. Data collection was conducted through in-depth interviews with three informants, namely, Key Informants, Internal Informants and External Informants, complemented by content analysis of Nyak Kopsah's Instagram posts. The results revealed that Nyak Kopsah succeeded in building strong personal branding through consistency in content themes and with supporting Instagram features such as sharing photos, reels, likes and comments Instagram Story and live. The content does not only contain entertainment, but also provides education about things that happen to housewives combined with some humor with the audience, especially housewives, who are the main target. This research contributes to theoretical studies in the field of digital communication, especially related to personal branding strategies through social media, and provides practical insights for individuals or professionals who want to utilize social media to build and strengthen their professional identity. Keywords: Personal Branding, Content Creator, Instagram. Personal branding adalah cara seseorang membangun citra dan reputasi diri mereka di mata orang lain. Ini melibatkan pengenalan keunikan, nilai, dan keahlian yang dimiliki, serta cara menyampaikannya kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan personal branding Nyak Kopsah sebagai konten kreator yang berperan sebagai Ibu rumah tangga melalui platform media sosial Instagram. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teori delapan konsep personal branding dari Peter Montoya, yang meliputi spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan tiga orang Infroman yaitu, Key Informan, Informan Internal dan Informan Eksternal,, dilengkapi dengan analisis konten unggahan Instagram Nyak Kopsah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Nyak Kopsah berhasil membangun personal branding yang kuat melalui konsistensi dalam tema konten dan dengan fitur-fitur Instagram yang mendukung seperti berbagi foto, reels, likes and comments Instagram Story dan live. Konten tersebut tidak hanya berisikan hiburan semata, tetapi juga memberikan edukasi seputar hal hal yang terjadi pada Ibu rumah tangga yang dipadukan dengan beberapa humor dengan audiensnya, terutama Ibu Rumah Tangga, yang merupakan target utamanya. Penelitian ini berkontribusi pada kajian teoretis di bidang komunikasi digital, khususnya terkait strategi personal branding melalui media sosial, serta memberikan wawasan praktis bagi individu atau profesional yang ingin memanfaatkan media sosial untuk membangun dan memperkuat identitas profesional mereka. Kata Kunci: Personal Branding, Konten Kreator, Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 056
NIM/NIDN Creators: 44221010045
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Konten Kreator, Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 640.1-640.9 Standard Subdivisions of Home Economic and Family Living/Subdivisi Standar Dari Kesejahteraan Rumah Tangga dan Kehidupan Keluarga > 640.3 Dictionaries, Encyclopedia/Kamus Manajemen Rumah Tangga, Ensiklopedia Manajemen Rumah Tangga
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 19 Feb 2025 09:06
Last Modified: 20 Feb 2025 02:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94349

Actions (login required)

View Item View Item