Tiara, Apriyanti (2025) REPUTASI PERUSAHAAN TERSUSPEND DALAM PEMBERITAAN MEDIA Analisis Framing Pemberitaan PT Universal Broker Indonesia Sekuritas di Kontan.co.id dan Cnbcindonesia.com Tahun 2023. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
![]() |
Text (COVER)
44220120054-Tiara Apriyanti-01 Cover - tiara apriyanti.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text (BAB I)
44220120054-Tiara Apriyanti-02 Bab 1 - tiara apriyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
![]() |
Text (BAB II)
44220120054-Tiara Apriyanti-03 Bab 2 - tiara apriyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
![]() |
Text (BAB III)
44220120054-Tiara Apriyanti-04 Bab 3 - tiara apriyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
44220120054-Tiara Apriyanti-05 Bab 4 - tiara apriyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
![]() |
Text (BAB V)
44220120054-Tiara Apriyanti-06 Bab 5 - tiara apriyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44220120054-Tiara Apriyanti-08 Daftar Pustaka - tiara apriyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
44220120054-Tiara Apriyanti-09 Lampiran - tiara apriyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis framing media oleh Kontan.co.id dan CNBCIndonesia.com terkait dengan suspend PT Universal Broker Indonesia Sekuritas oleh Bursa Efek Indonesia. Fokus penelitian ini adalah pada pelanggaran Modal Kerja Bersih Disesuaikan yang berdampak pada reputasi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana media membentuk persepsi publik mengenai isu tersebut. Dalam penelitian ini, menggunakan analisis framing Pan – Kosicki dengan teori konstruksi realitas yang memungkinkan peneliti untuk mengkaji bagaimana penyampaian informasi dapat mempengaruhi pemahaman publik terhadap berita. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, analisis teks, dokumentasi, dan wawancara untuk memperkuat data dari analisis yang dilakukan di portal media Kontan.co.id dan Cnbcindonesia.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua media memiliki gaya penyampaian yang berbeda. Kontan.co.id cenderung netral, berfokus pada data dan kronologi, sedangkan Cnbcindonesia.com lebih ekspresif, menggunakan istilah seperti "digembok" untuk menekankan betapa pentingnya masalah itu. Meskipun kedua media memenuhi elemen 5W+1H, persepsi publik dipengaruhi secara berbeda oleh framingnya. Maka, reputasi sangat dipengaruhi oleh framing pemberitaan. PT Universal Broker Indonesia Sekuritas dapat membuat strategi komunikasi yang lebih baik, terutama untuk membangun kembali kepercayaan public dan memperbaiki reputasinya di tengah kesulitan. This study was conducted to analyze media framing by Kontan.co.id and CNBCIndonesia.com related to the suspension of PT Universal Broker Indonesia Sekuritas by the Indonesia Stock Exchange. The focus of this study is on the violation of Adjusted Net Working Capital which has an impact on the company's reputation. The purpose of this study is to identify how the media shapes public perception on the issue. In this study, using Pan – Kosicki framing analysis with the theory of reality construction that allows researchers to examine how the delivery of information can affect public understanding of the news. The method used is qualitative with data collection through observation, text analysis, documentation, and interviews to strengthen data from the analysis conducted on the media portals Kontan.co.id and Cnbcindonesia.com. The results of this study indicate that both media have different delivery styles. Kontan.co.id tends to be neutral, focusing on data and chronology, while Cnbcindonesia.com is more expressive, using terms such as "digembok" to emphasize how important the issue is. Although both media fulfill the 5W+1H elements, public perception is influenced differently by their framing. Therefore, reputation is greatly influenced by news framing. PT Universal Broker Indonesia Sekuritas can create a better communication strategy, especially to rebuild public trust and improve its reputation amidst difficulties.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44220120054 |
Uncontrolled Keywords: | Framing Media, Suspend, MKBD, Reputasi, BEI, Media Framing, Suspend, MKBD, Reputation, BEI |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Maulana Arif Hidayat |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 02:59 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 02:59 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |