MITOS PEREMPUAN PENDOBRAK SEBAGAI UPAYA MEMENANGKAN PERSAINGAN DALAM IKLAN BCA VERSI #KEMUDIANRINGAN

Prabowo, Muhammad Trian (2025) MITOS PEREMPUAN PENDOBRAK SEBAGAI UPAYA MEMENANGKAN PERSAINGAN DALAM IKLAN BCA VERSI #KEMUDIANRINGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (COVER)
44322120022-MUHAMMAD TRIAN PRABOWO-01 Cover - Trian Prabowo.pdf

Download (525kB)
[img] Text (BAB I)
44322120022-MUHAMMAD TRIAN PRABOWO-02 Bab 1 - Trian Prabowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB II)
44322120022-MUHAMMAD TRIAN PRABOWO-03 Bab 2 - Trian Prabowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB III)
44322120022-MUHAMMAD TRIAN PRABOWO-04 Bab 3 - Trian Prabowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB IV)
44322120022-MUHAMMAD TRIAN PRABOWO-05 Bab 4 - Trian Prabowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text (BAB V)
44322120022-MUHAMMAD TRIAN PRABOWO-06 Bab 5 - Trian Prabowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44322120022-MUHAMMAD TRIAN PRABOWO-07 Daftar Pustaka - Trian Prabowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44322120022-MUHAMMAD TRIAN PRABOWO-08 Lampiran - Trian Prabowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang tidak hanya berfungsi sebagai media promosi, tetapi juga menjadi bagian dari ekspresi persaingan dalam dunia bisnis. Iklan BCA versi #KemuDianRingan berdurasi 7 menit 52 detik yang dirilis melalui media sosial Youtube pada tanggal 11 Maret 2024 berdasarkan teori semiotika Roland Barthes terkandung di dalamnya mitos tentang perempuan pendobrak yang hadir melalui penanda, petanda, baik itu secara verbal maupun non verbal melalui interaksi tokoh utama di dalam beberapa adegan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes yang bertujuan untuk mengetahui penanda, petanda, dan mitos yang mengungkap makna perempuan pendobrak dalam iklan BCA versi #KemuDianRingan melalui aspek pesan linguistik, pesan ikonik terkodekan, dan pesan ikonik tak terkodekan. Hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa isu-isu yang muncul di dalam iklan mengenai kesetaraan gender, stereotip gender, serta toxic masculinity yang berasal dari budaya patriarki dimanfaatkan sebagai bagian dari strategi representasi yang secara tersirat merendahkan pesaing-pesaing BCA. Selain itu, representasi tokoh utama sebagai perempuan pendobrak yang melawan mitos dalam iklan ini tidak hanya sekadar simbol pemberdayaan perempuan, tetapi juga selaras dengan citra BCA sebagai institusi perbankan yang melalui aplikasi MyBCA menawarkan solusi finansial yang mudah, praktis, dan solutif. BCA, Perempuan Pendobrak, Semiotika Roland Barthes, Kesetaraan Gender, Strategi Representasi

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44322120022
Uncontrolled Keywords: BCA, Perempuan Pendobrak, Semiotika Roland Barthes, Kesetaraan Gender, Strategi Representasi BCA, Trailblazing Woman, Roland Barthes' Semiotics, Gender Equality, Representation Strategy.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: RAUL ANDIKA KURNIAWAN
Date Deposited: 15 Feb 2025 08:14
Last Modified: 15 Feb 2025 08:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94277

Actions (login required)

View Item View Item