PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ISMAYALIVE TERHADAP PARTISIPASI PUBLIK PADA EVENT ISMAYA GROUP (Survey Pada Followers Akun Instagram @ismayalive)

PUTRIA, CARISSA AMALIA (2025) PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ISMAYALIVE TERHADAP PARTISIPASI PUBLIK PADA EVENT ISMAYA GROUP (Survey Pada Followers Akun Instagram @ismayalive). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)

Abstract

Along with the development of technology, people began to switch from traditional media to social media as the main source of information. Instagram has become one of the effective platforms used by various companies to interact with their audience. Ismaya Group, through its Instagram account @ismayalive, utilizes this platform to increase public participation in the events it organizes. This study aims to measure and explain the influence of Instagram @ismayalive social media content on public participation in Ismaya Group events. Social media content is defined as any form of information or material, such as text, images, video, audio and other interactive elements, created and shared through social media platforms for the purpose of communication, promotion or interaction with audiences. Public participation is the active involvement of individuals or groups in activities, decisions, or initiatives related to common interests, either through physical presence or digital or social contributions. This research uses the S-O-R (StimulusOrganism-Response) theory to analyze how stimulus in the form of social media content influences audience response in the form of public participation. The data collection technique used in this research is the survey method by distributing questionnaires. This type of research uses a quantitative approach. The population in this study are followers of the Instagram account @ismayalive Instagram account with a total of 100 respondents. This research shows that Social Media Content has a significant influence on Public Participation. With a correlation coefficient of 0.812 and a coefficient of determination analysis of 65.9%, @ismayalive Instagram content is proven to make a major contribution to increasing public participation while 34.1% is influenced by other factors and based on the results of simple linear regression it can be seen that social media content can increase public participation by 58.8%. Keywords: Content, Social Media, Instagram, Public Participation, Event Seiring dengan berkembangnya teknologi, masyarakat mulai beralih dari media tradisional ke media sosial sebagai sumber informasi utama. Instagram menjadi salah satu platform yang efektif digunakan oleh berbagai perusahaan untuk berinteraksi dengan audiensnya. Ismaya Group, melalui akun Instagram @ismayalive, memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan partisipasi publik pada event-event yang diselenggarakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menjelaskan pengaruh konten media sosial Instagram @ismayalive terhadap partisipasi publik pada event Ismaya Group. Konten media sosial didefinisikan sebagai segala bentuk informasi atau materi, seperti teks, gambar, video, audio, dan elemen interaktif lainnya, yang dibuat dan dibagikan melalui platform media sosial untuk tujuan komunikasi, promosi, atau interaksi dengan audiens. Partisipasi publik adalah keterlibatan aktif individu atau kelompok dalam kegiatan, keputusan, atau inisiatif yang berhubungan dengan kepentingan bersama, baik melalui kehadiran fisik maupun kontribusi secara digital atau sosial. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response) untuk menganalisis bagaimana stimulus berupa konten media sosial memengaruhi respons audiens dalam bentuk partisipasi publik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan pengikut akun Instagram @ismayalive dengan total 100 responden. Penelitian ini menunjukkan bahwa Konten Media Sosial memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap Partisipasi Publik. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,812 dan analisis koefisien determinasi sebesar 65,9%, konten Instagram @ismayalive terbukti memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan partisipasi publik sedangkan 34,1% dipengaruhi faktor lain dan berdasarkan hasil regresi linear sederhana di dapat bahwa konten media sosial dapat meningkatkan partisipasi publik sebesar 58,8%. Kata Kunci : Konten, Media Sosial, Instagram, Partisipasi Publik, Event

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 25 045
NIM/NIDN Creators: 44221010121
Uncontrolled Keywords: Konten, Media Sosial, Instagram, Partisipasi Publik, Event
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.38 Public Opinion/Opini Publik
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 07 Feb 2025 03:32
Last Modified: 07 Feb 2025 03:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93986

Actions (login required)

View Item View Item