NUGRAHA, ADIBTIA JATI (2025) ANALISIS PERKERASAN LENTUR PADA RUNWAY DAN TAXIWAY BANDAR UDARA BUDIARTO CURUG - TANGERANG DENGAN METODE FAA (FEDERATION AVIATION ADMINISTRATION). S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA - BUNCIT.
|
Text (COVER)
41122120042-Adibtia Jati Nugraha-01 Cover.pdf Download (380kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
41122120042-Adibtia Jati Nugraha-02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
41122120042-Adibtia Jati Nugraha-03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
41122120042-Adibtia Jati Nugraha-04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
41122120042-Adibtia Jati Nugraha-05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
41122120042-Adibtia Jati Nugraha-06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41122120042-Adibtia Jati Nugraha-07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
41122120042-Adibtia Jati Nugraha-08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Bandar Udara Kelas I Budiarto Curug di Tangerang adalah satu-satunya bandara di Indonesia dengan desain runway crossing, memungkinkan operasi optimal berdasarkan arah angin setempat. Awalnya berfungsi sebagai bandara latih dan pusat penelitian, kini juga melayani Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) pesawat penerbangan umum. Kondisi perkerasan lentur pada runway dan taxiway sangat penting dalam mendukung operasional pelatihan dan layanan MRO. Evaluasi diperlukan untuk menentukan kekuatan dan kapasitas perkerasan dalam mendukung beban pesawat, guna menjaga keselamatan dan efisiensi operasi bandara. Penelitian ini mengevaluasi perkerasan landas pacu (Runway) dan landas hubung (Taxiway) di Budiarto menggunakan metode FAA dengan perangkat lunak COMFAA dan FAARFIELD. Data pergerakan pesawat dari tahun 2019 hingga Maret 2024 digunakan untuk menilai kekuatan perkerasan runway 12-30 dan taxiway Hotel berdasarkan Pavement Classification Number (PCN). Hasil menunjukkan perkerasan runway 12-30 aman mendukung pesawat Boeing 737-800 dengan nilai ACN 50,3 yang lebih kecil dari PCN 69,7. Perencanaan overlay meningkatkan PCN menjadi 96,4, memastikan keamanan operasi yang lebih intensif. Sebaliknya, taxiway Hotel tidak aman mendukung Boeing 737-800 karena ACN 50,3 melebihi PCN 24,4. Setelah overlay, PCN meningkat menjadi 99,1, membuatnya aman untuk operasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi pengembangan infrastruktur perkerasan guna meningkatkan keselamatan, efisiensi, dan kinerja operasional Budiarto sebagai bandara latih dan MRO.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41122120042 |
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan Lentur, Runway,Taxiway, Bandar Udara Budiarto. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.7 Air Transportation, Airlines/Transportasi Udara 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Rifky |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 04:07 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 04:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |