KREATIVITAS KOMUNIKASI BAGI METODE PERSONAL SELLING UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PT TIRTA ASASTA DEPOK (PERSERODA) (Studi Kasus Tahun 2024)

MARPAUNG, CHINTIA PRASASTY NATASHA (2025) KREATIVITAS KOMUNIKASI BAGI METODE PERSONAL SELLING UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PT TIRTA ASASTA DEPOK (PERSERODA) (Studi Kasus Tahun 2024). S2 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
55221110020-Chintia Prasasty Natasha Marpaung-01-Cover.pdf

Download (970kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
55221110020-Chintia Prasasty Natasha Marpaung-02-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB 2)
55221110020-Chintia Prasasty Natasha Marpaung-03-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text (BAB 3)
55221110020-Chintia Prasasty Natasha Marpaung-04-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB 4)
55221110020-Chintia Prasasty Natasha Marpaung-5-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
55221110020-Chintia Prasasty Natasha Marpaung-06-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55221110020-Chintia Prasasty Natasha Marpaung-07-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55221110020-Chintia Prasasty Natasha Marpaung-08-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan kreativitas komunikasi dalam metode personal selling untuk meningkatkan jumlah pelanggan pada Tim Pemasaran Non Domestik Perusahaan Air Minum Daerah PT Tirta Asasta Depok melalui perspektif studi kasus tahun 2024. Menggunakan teori Computer-Medited Communication (CMC), Teori Pertukaran Sosial, dan teori konvergensi. Paradigma penelitian ini adalah konstruktivistik dengan metode studi kasus eksploratif, pengumpulan data primer dan sekunder dan diabsahkan dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas komunikasi dalam personal selling melibatkan penggunaan teknologi seperti Laptop, WhatsApp, email, dan Zoom untuk interaksi dan negosiasi dengan pelanggan, menerapkan strategi pemberian bingkisan sebagai modal awal membangun hubungan dengan pelanggan, memberikan pelayanan nyaman dengan menyajikan konsumsi dan lokasi negosiasi yang baik, bekerjasama sama dengan perangkat daerah untuk sosialisasi, berpenampilan rapih dan sopan serta menggunakan bahasa “lips service” untuk memberi kenyamanan, serta memberi ruang bagi calon pelanggan untuk mengutarakan pendapat. Hambatan yang dihadapi mencakup persepsi negatif pelanggan terhadap biaya sambungan baru dan citra PDAM, sikap skeptis terhadap kinerja perusahaan pemerintah, dan bertemu dengan beragam karakter calon pelanggan.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55221110020
Uncontrolled Keywords: Kreativitas komunikasi, personal selling, komunikasi pemasaran, PT Tirta Asasta Depok, studi kasus, CMC, Teori Pertukaran Sosial, konvergensi.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.3 Imagination, Imagery, Creativity/Daya Khayal, Imajinasi, Kreativitas > 153.35 Creativity/Kreativitas
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum > 342 Constitutional and Administrative Law/Hukum Tata Negara > 342.1 Socioeconomic Regions/Kawasan Sosial Ekonomi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.9 Accounting for Specific Kinds of Organizations/Akuntansi untuk Jenis Organisasi Tertentu > 657.95 Corporations/Perusahaan
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 30 Jan 2025 01:59
Last Modified: 30 Jan 2025 01:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93758

Actions (login required)

View Item View Item