PENGARUH OMNICHANNEL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SOCIOLLA (Survei Terhadap Pengikut Media Sosial Instagram @sociolla)

PUTRI, AQILAH FIDA LIYA (2025) PENGARUH OMNICHANNEL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SOCIOLLA (Survei Terhadap Pengikut Media Sosial Instagram @sociolla). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)

Abstract

The development of digital technology has changed the way consumers access information and shop. Consumers are now more selective and critical in choosing products thanks to the ease of accessing information online. The beauty industry, including Sociolla, has leveraged this technology by implementing omnichannel marketing, which integrates online and offline channels to provide a consistent shopping experience. This study aims to analyze the impact of omnichannel marketing on consumer loyalty among Instagram followers of @sociolla, as well as to determine the extent of its influence on their loyalty. The main theory used in this study for the omnichannel marketing (X) variable is Rigby’s theory, while Griffin’s theory is used for the consumer loyalty (Y) variable. The paradigm used in this study is positivism with a quantitative approach and an explanatory research type. The method used is a survey with an online questionnaire distributed to 100 samples taken from all Instagram followers of @sociolla. The results of the study show a significant impact of Omnichannel Marketing on the loyalty of Instagram followers of @sociolla. The correlation value found is 0.698, indicating a strong positive relationship between the two variables, with the correlation falling within the range of 0.60 - 0.799. Additionally, the R Square value of 48.7% indicates that 48.7% of consumer loyalty is influenced by the Omnichannel Marketing variable, while the remaining 51.3% is influenced by factors not included in this study. Keywords: Sociolla, Influence, AISAS, Omnichannel Marketing, Consumer Loyalty Perkembangan teknologi digital mengubah cara konsumen mengakses informasi dan berbelanja. Kini, konsumen lebih selektif dan kritis dalam memilih produk berkat kemudahan akses informasi online. Industri kecantikan, termasuk Sociolla, memanfaatkan teknologi ini dengan menerapkan omnichannel marketing, yang mengintegrasikan saluran online dan offline untuk memberikan pengalaman berbelanja yang konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh omnichannel marketing terhadap loyalitas konsumen Instagram @sociolla, serta mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap loyalitas mereka. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini untuk variabel omnichannel marketing (X) adalah teori Rigby, sedangkan untuk variabel loyalitas konsumen (Y) digunakan teori Griffin. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah positivisme dengan pendekatan kuantitatif dan tipe penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan kuesioner secara online kepada 100 orang sampel yang diambil dari seluruh followers Instagram @sociolla. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Omnichannel Marketing terhadap Loyalitas konsumen followers Instagram @sociolla. Nilai korelasi yang ditemukan adalah sebesar 0,698, yang menunjukkan hubungan positif dan kuat antara kedua variabel tersebut, dengan kategori korelasi berada pada rentang 0,60 - 0,799. Selain itu, nilai R Square sebesar 48,7% menunjukkan bahwa 48,7% Loyalitas konsumen dipengaruhi oleh variabel Omnichannel Marketing, sementara sisanya, yaitu 51,3%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Sociolla, Pengaruh, AISAS, Omnichannel Marketing, Loyalitas Konsumen

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 25 007
NIM/NIDN Creators: 44321010034
Uncontrolled Keywords: Sociolla, Pengaruh, AISAS, Omnichannel Marketing, Loyalitas Konsumen
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Jan 2025 05:03
Last Modified: 25 Jan 2025 05:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93747

Actions (login required)

View Item View Item