DEWI, ANGGIA KUSUMAH (2025) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA PADA AKUN TIKTOK @orchidforestcikole. S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.
Text (COVER)
Anggia Kusumah Dewi-44220120036-01 Cover - Anggia Kusumah.pdf Download (776kB) |
|
Text (BAB I)
Anggia Kusumah Dewi-44220120036-02 Bab 1 - Anggia Kusumah.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
Text (BAB II)
Anggia Kusumah Dewi-44220120036-03 Bab 2 - Anggia Kusumah.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
Text (BAB III)
Anggia Kusumah Dewi-44220120036-04 Bab 3 - Anggia Kusumah.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
|
Text (BAB IV)
Anggia Kusumah Dewi-44220120036-05 Bab 4 - Anggia Kusumah.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
|
Text (BAB V)
Anggia Kusumah Dewi-44220120036-06 Bab 5 - Anggia Kusumah.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Anggia Kusumah Dewi-44220120036-07 Daftar Pustaka - Anggia Kusumah.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Anggia Kusumah Dewi-44220120036-08 Lampiran - Anggia Kusumah.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
Abstract
Pemanfaatan media sosial, khususnya TikTok, telah menjadi aspek penting dalam promosi wisata dalam melakukan sebuah promosi seperti promosi dalam Objek Wisata, salah satunya yaitu Objek Wisata Orchid Forest Cikole.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan serta kendala dalam melakukan promosi Objek wisata Orchid Forest Cikole melalui media TikTok. Pada Tinjauan Pustaka Terdapat 5 Penelitian terdahulu berisi kajian teoritis yang meliputi Komunikasi, Media Sosial, TikTok, Promosi, PR, Objek Wisata, Keluhan dan Kendala. Paradigma dalam Penelitian ini menggunakan paradigma Konstruktivis Kualitatif dengan metode deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunkan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dan Teknik Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan Teknik pemeriksaan Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok berhasil dalam mempromosikan Orchid Forest Cikole. Pengelola akun @orchidforestcikole memanfaatkan berbagai fitur TikTok, seperti Video, Captions, Hashtag, Mentions, Musik, Live TikTok, serta kolaborasi dengan Influencer untuk menarik perhatian pengguna. Serta terdapatnya peran PR dalam menangani kendala seperti keluhan pengunjung dan peran PR dalam menjalin hubungan positif dengan pengunjung Namun, terdapat kendala terkait algoritma FYP yang sering berubah sehingga mempengaruhi kinerja konten promosi. Untuk itu Orchid Forest Cikole perlu mengetahui Faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan algoritma FYP seperti kualitas konten,konsistensi dalam memperbarui dan mengunggah konten secara teratur, penggunaan hastag yang relevan dan memahami preferensi pengguna. The use of social media, especially TikTok, has become an important aspect in tourism promotion in carrying out promotions such as promotions in tourist attractions, one of which is the Orchid Forest Cikole tourist attraction. The purpose of this study is to determine the use and obstacles in promoting the Orchid Forest Cikole tourist attraction through TikTok media. In the Literature Review, there are 5 previous studies containing theoretical studies covering Communication, Social Media, TikTok, Promotion, PR, Tourist Attractions, Complaints and Obstacles. The paradigm in this study uses the Qualitative Constructivist paradigm with the Qualitative descriptive method. Data collection techniques use in-depth interviews, observation and documentation and Data Analysis Techniques use data collection, data reduction, data presentation and conclusions. While the Data Validity Checking Technique uses source triangulation. The results of the study show that the use of TikTok is successful in promoting the Orchid Forest Cikole. The @orchidforestcikole account manager utilizes various TikTok features, such as Video, Captions, Hashtags, Mentions, Music, Live TikTok, and collaboration with Influencers to attract user attention. And there is a role of PR in handling obstacles such as visitor complaints and the role of PR in establishing positive relationships with visitors. However, there are obstacles related to the consistency of content quality and the FYP algorithm that affect the performance of promotional content. For this reason, Orchid Forest Cikole needs to know the key factors that affect the success of the FYP Algorithm such as content quality, consistency in updating and uploading content regularly, using relevant hashtags and understanding user preferences.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44220120036 |
Uncontrolled Keywords: | Media Promosi, Pemanfaatan TikTok, Objek Wisata Promotion Media, TikTok Utilization, Tourism Objects |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | RAUL ANDIKA KURNIAWAN |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 04:44 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 04:44 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93664 |
Actions (login required)
View Item |