RIFA'IE, RIZKY (2025) ANALISIS PENGARUH STATUS SOSIAL, GAYA HIDUP, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH DIGITALISASI PEMBAYARAN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text (BAB II)
03. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text (BAB III)
04. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text (BAB IV)
05. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
||
Text (BAB V)
06. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 .DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
Abstract
In the modern era driven by technological advances, changes in consumer behavior and the way businesses operate are increasingly undergoing significant transformations. With the development of payment methods, especially in digital payments, companies need to improve consumer purchasing decisions. The purpose of this study is to analyze the influence of social status, lifestyle, and price on purchasing decisions mediated by payment digitization at the Andesti Jaya Store. This study uses a quantitative approach method. The number of respondents in this study was 190 people in 9 locations spread across Bogor City and Depok City. Respondents are consumers of the Andesti Jaya Store who have made at least one purchase. The data analysis method is Structure Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). The results of the study show that social status and lifestyle do not have a significant effect on purchasing decisions, while price and payment digitization have a positive and significant effect on purchasing decisions. Social status, lifestyle, and price also have a positive and significant effect on payment digitization. Payment digitization fully mediates the influence of social status and lifestyle on purchasing decisions. And payment digitization mediates the relationship between price and purchasing decisions partially. Keywords: Social Status, Lifestyle, Price, Purchasing Decision, Digitalization of Payments Pada era modern yang didorong oleh kemajuan teknologi, perubahan dalam perilaku konsumen dan cara bisnis beroperasi semakin mengalami transformasi yang signifikan. Dengan berkembangnya metode pembayaran terutama dalam pembayaran digital, perusahaan perlu meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari status sosial, gaya hidup, dan harga terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh digitalisasi pembayaran pada Toko Andesti Jaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 190 orang di 9 lokasi yang tersebar pada Kota Bogor dan Kota Depok. Responden adalah konsumen Toko Andesti Jaya yang telah melakukan pembelian minimal satu kali. Metode analisis data adalah Structure Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial dan gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara harga dan digitalisasi pembayaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Status sosial, gaya hidup, dan harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap digitalisasi pembayaran. Digitalisasi pembayaran memediasi secara penuh pengaruh dari status sosial dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Serta digitalisasi pembayaran memediasi hubungan harga terhadap keputusan pembelian secara parsial. Kata Kunci: Status Sosial, Gaya Hidup, Harga, Keputusan Pembelian, Digitalisasi Pembayaran
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CD/551. 25 004 |
NIM/NIDN Creators: | 55122110030 |
Uncontrolled Keywords: | Status Sosial, Gaya Hidup, Harga, Keputusan Pembelian, Digitalisasi Pembayaran |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.2 Acquisitions and Collection Developtment/Akuisisi dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan > 025.23 Acquisition Through Purchase/Akuisisi Melalui Pembelian 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 390 Customs of People/Adat Istiadat dan Kebiasaan Masyarakat Berdasarkan Status Ekonomi dan Kelas Sosial |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | khalimah |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:50 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 01:50 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93648 |
Actions (login required)
View Item |