ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KEMOTERAPI RAWAT JALAN (STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM PUSAT NASIONAL DR. CIPTO MANGUNKUSUMO)

MUSTOFA, BISRI (2024) ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KEMOTERAPI RAWAT JALAN (STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM PUSAT NASIONAL DR. CIPTO MANGUNKUSUMO). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
43120110006 - Bisri Mustofa - 01 Cover.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
43120110006 - Bisri Mustofa - 02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2)
43120110006 - Bisri Mustofa - 03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB 3)
43120110006 - Bisri Mustofa - 04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB 4)
43120110006 - Bisri Mustofa - 05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text (BAB 5)
43120110006 - Bisri Mustofa - 06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
43120110006 - Bisri Mustofa - 07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
43120110006 - Bisri Mustofa - 08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Analisis Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Kemoterapi Rawat Jalan di Instalasi Pelayanan Rawat Jalan Terpadu RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo. Penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari sejauh mana implementasi dari total quaity management yang meliputi fokus pelanggan, perbaikan berkesinambungan, komitmen manajemen, pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan karyawan dalam proses layanan kemoterapi rawat jalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memfokuskan pengamatan pada bagaimana proses pelayanan kemoterapi rawat jalan dilakukan, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan upaya perbaikan apa yang bisa dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Objek dari penelitian ini ada pada pengelolaan penjadwalan pasien kemoterapi rawat jalan yang diamati melalui bagaimana kemampuan organisasi untuk menerapkan program TQM secara berkesinambungan (continuous improvement). Pendekatan yang digunakan untuk membangun sistem ini dilakukan dengan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action). Penggunaan pendekatan ini sejalan dengan kebijakan organisasi dan konsep akreditasi ISO 9001:2015 (Sistem Manajemen Mutu) yang menjadi standar pelaksanaan proses layanan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa pelaksanaan pelayanan kemoterapi rawat jalan masih dilakukan dengan proses manual terutama pada sub proses penjadwalan sehingga proses tidak terintegrasi dan penjadwalan kurang efektif, komunikasi pelanggan juga belum terbangun dengan baik dikarenakan belum ditetapkanya mekanisme komunikasi pelanggan yang baik. Kemudian keluaran dari PDCA ini dikembangkan sebuah sitem penjadwalan terintegrasi guna meningkatkan kualitas layanan kemoterapi rawat jalan yang mengintegrasikan proses dari perencanaan dipoliklinik, konfirmasi ketersediaan obat, penjadwalan di case manager dan pelaksaaan di ruang kemoterapi. Dalam implementasinya sistem ini masih relevan untuk memperbaiki proses tersebut menjadi lebih baik dan seamless.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 43120110006
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management (TQM), continous improvement dan PDCA
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.1 Organizations/Manajemen Organisasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 28 Dec 2024 05:23
Last Modified: 28 Dec 2024 05:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93301

Actions (login required)

View Item View Item