MUSTOFA, BISRI (2024) ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KEMOTERAPI RAWAT JALAN (STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM PUSAT NASIONAL DR. CIPTO MANGUNKUSUMO). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
43120110006 - Bisri Mustofa - 01 Cover.pdf Download (557kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
43120110006 - Bisri Mustofa - 02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
43120110006 - Bisri Mustofa - 03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
43120110006 - Bisri Mustofa - 04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
43120110006 - Bisri Mustofa - 05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
43120110006 - Bisri Mustofa - 06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
43120110006 - Bisri Mustofa - 07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
43120110006 - Bisri Mustofa - 08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
Abstract
Analisis Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Kemoterapi Rawat Jalan di Instalasi Pelayanan Rawat Jalan Terpadu RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo. Penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari sejauh mana implementasi dari total quaity management yang meliputi fokus pelanggan, perbaikan berkesinambungan, komitmen manajemen, pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan karyawan dalam proses layanan kemoterapi rawat jalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memfokuskan pengamatan pada bagaimana proses pelayanan kemoterapi rawat jalan dilakukan, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan upaya perbaikan apa yang bisa dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Objek dari penelitian ini ada pada pengelolaan penjadwalan pasien kemoterapi rawat jalan yang diamati melalui bagaimana kemampuan organisasi untuk menerapkan program TQM secara berkesinambungan (continuous improvement). Pendekatan yang digunakan untuk membangun sistem ini dilakukan dengan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action). Penggunaan pendekatan ini sejalan dengan kebijakan organisasi dan konsep akreditasi ISO 9001:2015 (Sistem Manajemen Mutu) yang menjadi standar pelaksanaan proses layanan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa pelaksanaan pelayanan kemoterapi rawat jalan masih dilakukan dengan proses manual terutama pada sub proses penjadwalan sehingga proses tidak terintegrasi dan penjadwalan kurang efektif, komunikasi pelanggan juga belum terbangun dengan baik dikarenakan belum ditetapkanya mekanisme komunikasi pelanggan yang baik. Kemudian keluaran dari PDCA ini dikembangkan sebuah sitem penjadwalan terintegrasi guna meningkatkan kualitas layanan kemoterapi rawat jalan yang mengintegrasikan proses dari perencanaan dipoliklinik, konfirmasi ketersediaan obat, penjadwalan di case manager dan pelaksaaan di ruang kemoterapi. Dalam implementasinya sistem ini masih relevan untuk memperbaiki proses tersebut menjadi lebih baik dan seamless.
Actions (login required)
![]() |
View Item |