PENGARUH LOKASI, INOVASI PRODUK, DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE EXPRESS DI WILAYAH JABODETABEK

PATMAWATI, WINDI (2024) PENGARUH LOKASI, INOVASI PRODUK, DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE EXPRESS DI WILAYAH JABODETABEK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)

Abstract

Technological advances that exist today continue to experience very rapid growth. Various industries have developed in the community, such as the digital economy, corporate industry, trade industry and also other industries have also experienced changing trends in this increasingly advanced world era. One industry that has experienced these changes is the logistics industry or freight forwarding services. The trend of this goods delivery service is also increasing, and people can choose it according to their logistical needs when sending and receiving goods. The presence of JNE Express helps people in the need to send and receive goods. JNE is one of the largest goods delivery service provider companies with the widest network in Indonesia today. This study was conducted with the aim of analyzing and testing the effect of Location, Product Innovation, and Convenience on JNE Express Customer Satisfaction. This study uses causal analysis to determine the effect between Location (X1), Product Innovation (X2), Convenience (X3) with Customer Satisfaction (Y). This research uses a quantitative descriptive approach. The population in this study were people who had used the JNE Express goods delivery service. The sample used was 100 customers, calculated based on the Hair formula. In this study the sample was taken using snowball sampling technique. This research instrument uses a questionnaire. The data analysis method used in this research is the SmartPLS version 4.0 application. The results of this study are Location, Product Innovation, and Convenience have a positive and significant influence on JNE Express customer satisfaction. Keywords: Location, Product Innovation, Convenience, Customer Satisfaction Kemajuan teknologi yang ada saat ini terus mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Berbagai industri telah berkembang di lingkungan masyarakat, seperti ekonomi digital, industri korporasi, industri perdagangan dan juga industri lainnya juga mengalami trend perubahan di era dunia yang semakin maju ini. Salah satu industri yang mengalami perubahan tersebut adalah industri logistik atau jasa pengiriman barang. Trend layanan pengiriman barang ini juga semakin meningkat, dan masyarakat dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan logistik mereka saat mengirim dan menerima barang. Hadirnya JNE membantu masyarakat dalam kebutuhan mengirim dan menerima barang. JNE merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa pengiriman barang terbesar dengan jaringan terluas di Indonesia saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh Lokasi, Inovasi Produk, dan Kemudahan terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Express. Penelitian ini menggunakan analisis kausal untuk mengetahui pengaruh antara Lokasi (X1), Inovasi Produk (X2), Kemudahan (X3) dengan Kepuasan Pelanggan (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah menggunakan layanan pengiriman barang JNE Express. Sampel yang dipergunakan adalah sebanyak 100 pelanggan, dihitung berdasarkan rumus Hair. Dalam penelitian ini sampel diambil menggunakan teknik snowball sampling. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan aplikasi SmartPLS versi 4.0. Hasil dari penelitian ini adalah Lokasi, Inovasi Produk, dan Kemudahan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan JNE Express. Kata Kunci: Lokasi, Inovasi Produk, Kemudahan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 24 534
NIM/NIDN Creators: 43120010125
Uncontrolled Keywords: Lokasi, Inovasi Produk, Kemudahan, Kepuasan Pelanggan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 022 Administration of The Physical Plant/Administrasi dan Fisik Perpustakaan > 022.1 Location and Site/Lokasi
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 608 Inventions and Patents/Inovasi, Penemuan dan Paten > 608.7 Geographic Treatment of Inventions and Patents/Inovasi, Penemuan dan Paten di Lokasi Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 07 Dec 2024 07:09
Last Modified: 07 Dec 2024 07:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93036

Actions (login required)

View Item View Item