FARAQIH, M. FAROQ (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @UKM_EKSPORTER_INDONESIA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (555kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) |
Abstract
Social media Instagram is currently a platform that can be used to find information needs for the people of Indonesia. The development of the use of technology makes it easier for us to find the information needed such as Instagram. Therefore, Instagram is widely used by companies, organizations, and business people to be able to provide information that suits their followers. The purpose of this study is to determine and explain the effect of using Instagram social media @ukm_eksporter_indonesia on fulfilling information needs. This research uses the theoretical basis of Uses and Gratification, the seven stages in the Honeycomb framework of social media use found by Jan Kietzmann & Kristopher Hermkens, and the Information Needs theory. The data collection technique in this research is using the survey method by distributing questionnaires. The type of research used is explanatory with a quantitative approach. The population in this study were followers of the @ukm_eksporter_indonesia Instagram account with a total of 100 respondents. The results of this study indicate that based on a simple linear regression test there is a strong relationship between the variable influence of using Instagram social media @ukm_eksporter_indonesia on fulfilling information needs. Media Sosial Instagram saat ini menjadi platform yang dapat dijadikan untuk mencari kebutuhan informasi bagi masyarakat Indonesia. Berkembangnya penggunaan teknologi memudahkan kita untuk mencari informasi yang dibutuhkan seperti Instagram. Oleh karena itu, Instagram banyak digunakan oleh perusahaan, organisasi, dan pebisnis untuk dapat memberikan informasi yang sesuai dengan pengikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh penggunaan media sosial Instagram @ukm_eksporter_indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Penelitian ini menggunakan landasan teori Uses and Gratification, tujuh tahap dalam kerangka Honeycomb penggunaan media sosial yang ditemukan oleh Jan Kietzmann & Kristopher Hermkens, dan toeri Kebutuhan Informasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode survei dengan menyebar kesioner. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah followers akun instagram @ukm_eksporter_indonesia dengan total 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji regresi linear sederhana terdapat hubungan yang kuat antara variabel pengaruh penggunan media sosial Instagram @ukm_eksporter_indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Berdasarkan hasil Pearson Correlations variabel X dan Y terdapat pengaruh penggunan media sosial Instagram @ukm_eksporter_indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mengenai bisnis ekspor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 24 246 |
NIM/NIDN Creators: | 44217010162 |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Sosial, Instagram, Kebutuhan Informasi, Uses and Gratification |
Subjects: | 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 771 Techniques and Procedures/Teknik Seni Fotografi dan Foto, Prosedur Seni Fotografi dan Foto > 771.5 Chemical Materials of Photography/Bahan-bahan Kimia Fotografi > 771.54 Developing and Printing Supplies/Mengembangkan dan Mencetak Kebutuhan 800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.3 Value, Influence, Effect/Nilai, Pengaruh, Efek |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | AFIFAH SALMA RAMADINA |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:09 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92869 |
Actions (login required)
View Item |