HARDIANSYAH, TOMI (2024) ANALISIS KENYAMANAN PEJALAN KAKI TERHADAP PEMANFAATAN TROTOAR JALAN ALTERNATIF SENTUL KABUPATEN BOGOR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
41119120099 - TOMI HARDIANSYAH - 01 COVER.pdf Download (960kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
41119120099 - TOMI HARDIANSYAH - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text (BAB 2)
41119120099 - TOMI HARDIANSYAH - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
Text (BAB 3)
41119120099 - TOMI HARDIANSYAH - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text (BAB 4)
41119120099 - TOMI HARDIANSYAH - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text (BAB 5)
41119120099 - TOMI HARDIANSYAH - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41119120099 - TOMI HARDIANSYAH - 07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
41119120099 - TOMI HARDIANSYAH - 08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Trotoar yang merupakan bagian penting dari infrastruktur kota, seharusnya memberikan lingkungan yang nyaman bagi pejalan kaki. Namun, trotoar sering kali tidak memenuhi standar kenyamanan yang diharapkan. Oleh karena itu, evaluasi tingkat kenyamanan pejalan kaki terhadap trotoar harus lebih diperhatikan. Ketidaknyamanan pejalan kaki dapat dipengaruhi oleh sejumlah variabel, termasuk desain trotoar, keamanan, aksesibilitas, dan lingkungan sekitar. Tujuan tersebut dicapai dengan menggunakan dua metode, yaitu metode Importance-Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja trotoar dan tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat pelaksanaannya oleh penyedia jasa. Sedangkan untuk menilai kondisi fisik trotoar terhadap standart yang dipakai, dilakukan metode observasi dengan membagi area studi 1,5 km menjadi 3 segmen. Standart yang dipakai untuk mencapai tujuan adalah No.02/SE/M/2018 tentang Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki dan menganalisis persepsi pejalan kaki terhadap kenyamanan trotoar yang telah tersedia di Jalan Alternatif Sentul. Berdasarkan penelitian, rata-rata tingkat kenyamanan pejalan kaki di trotoar adalah 3,34, dikategorikan sebagai Nyaman. Sementara itu, rata-rata tingkat kepentingan fasilitas trotoar mencapai 2,51, masuk kategori Penting. Kenyamanan pejalan kaki di Jalan Alternatif Sentul Kabupaten Bogor dipengaruhi oleh lebar trotoar yang tidak konsisten, permukaan rusak dan licin, serta kurangnya pencahayaan malam hari. Selain itu, gangguan dari PKL, parkir liar, kebersihan buruk, dan kebisingan tinggi juga menghambat kenyamanan. Pembatas fisik yang tidak memadai semakin memperburuk kondisi, memengaruhi kenyamanan dan keselamatan pengguna.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41119120099 |
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kenyamanan, Trotoar, Jalan Alternatif Sentul |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 323 Civil Rights/Hak-hak Warga Sipil, Hak-hak Warga Negara 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil > 624.9 Building, Structure, and Installation/Bangunan, Struktur, dan Instalasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 06:26 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 06:26 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92805 |
Actions (login required)
View Item |