ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOMPAS.COM DAN DETIK.COM TENTANG KASUS PERUNDUNGAN PERIODE 20-22 FEBRUARI 2024

NANDINI, NANDINI (2024) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOMPAS.COM DAN DETIK.COM TENTANG KASUS PERUNDUNGAN PERIODE 20-22 FEBRUARI 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

The reporting on bullying against children has become increasingly prevalent nowadays, reflecting a serious concern for society. In addressing this phenomenon, the role of the government, child protection agencies, schools, families, and the entire community is crucial. Therefore, news about violence against children not only provides information but also raises awareness about the urgency of child protection and the need to expand prevention efforts. This research focuses on cases of bullying among teenagers because such cases are rampant and consistently draw significant public attention. This involves decision-making regarding narrative style, image selection, source usage, and other arrangements that may influence how news is perceived by the audience. This study aims to understand how Kompas.com and Detik.com frame the bullying case at Binus School Serpong using Robert Entman's framing analysis model. The theory used is Peter L. Berger's social construction theory. The research approach is constructivism, employing Robert N. Entman's framing analysis model, which examines framing through two major dimensions: issue selection and emphasis or highlighting of certain aspects of reality/issue. The findings indicate that: 1) Kompas.com's framing, in terms of titles and news content, tends to present information that highlights positive aspects from the school and uses milder language in the titles; 2) Detik.com's framing is more focused on reporting efforts and resolutions of the case by the authorities, with language choices reflecting this focus. Therefore, the difference between Kompas.com and Detik.com is specifically apparent in their language construction. 3) Kompas.com and Detik.com have constructed different realities in framing the bullying case at Binus School Serpong, where media not only conveys information but also shapes social reality according to each media’s interests and orientations. 4) Through issue selection, language usage, viewpoints, and emphasis on certain aspects, Kompas.com and Detik.com have constructed discourses related to the bullying case. The news coverage on these two news portals shows differences in emphasis and perspectives in presenting reality Pemberitaan tentang perundungan terhadap anak semakin marak pada saat ini, hal tersebut mencerminkan sebuah keprihatinan yang serius bagi masyarakat. Dalam menghadapi fenomena ini, peran pemerintah, lembaga perlindungan anak, sekolah, keluarga, dan seluruh anggota masyarakat sangatlah penting. Maka dari itu berita tentang kekerasan terhadap anak ini tidak hanya sekedar memberikan informasi, tetapi juga dapat menggugah kesadaran akan urgensi perlindungan anak dan perluasan upaya dalam pencegahannya. Penelitian ini memilih kasus perundungan pada remaja, karena kasus perundungan marak terjadi dan menjadi salah satu kasus yang selalu menjadi perhatian banyak khalayak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kompas.com dan Detik.com melakukan pembingkaian kasus perundungan di Binus School Serpong melalui model analisis framing Robert Entman. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi social Peter L. Berger. Pendekan penelitian adalah konstruktivisme dengan menggunakan metode analisis framing model Robert N. Entman yang melihat framing dalam dua dimensi besar yaitu seleksi isu dan penekanan atau penonjolan aspek- aspek tertentu dari realitas/isu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembingkaian kompas.com kontruksinya jika dilihat dari sisi judul dan beritanya lebih memuat informasi yang mengemukakkan hal positif dari pihak sekolah dan bahasa judulnya lebih halus, 2) Pembingkaian detik.com kontruksi nya lebih kepada pemberitaan yang lebih menekankan pada upaya penanganan dan penyelesaian kasus oleh pihak berwenang. dalam pemilihan bahasa beritanya. Maka perbedaan dari kedua media antara kompas.com dan detik.com secara spesifik berbeda dari sisi kontruksi bahasanya. 3) Kompas.com dan Detik.com telah melakukan konstruksi realitas yang berbeda dalam membingkai pemberitaan kasus perundungan di SMA Binus Serpong. Di mana media tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga turut membentuk realitas sosial sesuai dengan kepentingan dan orientasi masing-masing media. 4) Melalui pemilihan isu, penggunaan bahasa, sudut pandang, dan penekanan pada aspek-aspek tertentu, Kompas.com dan Detik.com telah mengkonstruksi wacana terkait kasus perundungan. Pemberitaan di kedua portal berita tersebut menunjukkan adanya perbedaan penekanan dan perspektif dalam menyajikan realitas.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 238
NIM/NIDN Creators: 44220010193
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Media kompas.com, detik.com, Perundungan
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: AFIFAH SALMA RAMADINA
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:35
Last Modified: 11 Oct 2024 02:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92428

Actions (login required)

View Item View Item