PENGARUH TERPAAN KONTEN TIKTOK @BELLACLRS_ TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Survei Terhadap Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Tahun 2023)

WIDYAWATI, VIDYA (2024) PENGARUH TERPAAN KONTEN TIKTOK @BELLACLRS_ TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Survei Terhadap Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Tahun 2023). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)

Abstract

TikTok is an application that uses video as the main means of interacting with other users. For example, the TikTok account @bellaclrs_ is an account that focuses on fashion and promotes various products available on shopping sites, both online and offline, especially on the TikTok platform. The theory applied is the S-O-R theory, which states that a stimulus in the form of a verbal, non-verbal message or symbol will trigger a reaction in the individual, in this case the communicant, to respond in a certain way. Survey methods are often used in quantitative studies with the type of explanatory research (Explanatory Research), to analyze interactions between two or more variables. Based on the research results, the correlation figure obtained from Pearson Product Moment between variable It was found that 34.8% of consumer behavior was influenced by the TikTok content exposure variable, while the rest was influenced by other factors. That the relationship between these two variables is proven to be positive, with the rejection of the null hypothesis and acceptance of the alternative hypothesis. Keywords: TikTok, S-O-R Theory, Consumer Behavior, Media Exposure, Communication Science TikTok adalah aplikasi yang menggunakan video sebagai sarana utama untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya. Contohnya, akun TikTok @bellaclrs_ adalah akun yang fokus pada fashion dan mempromosikan berbagai produk yang tersedia di situs belanja, baik online maupun offline, khususnya di platform TikTok. Teori yang diterapkan adalah teori S-O-R, yang menyatakan bahwa suatu stimulus baik berupa pesan verbal, non-verbal, atau simbol akan memicu reaksi pada individu, dalam hal ini komunikan, untuk merespons dengan cara tertentu. Metode survei sering digunakan dalam studi kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif (Explanatory Research), untuk menganalisis interaksi antara dua atau lebih variabel. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan angka korelasi dari Pearson Product Moment antara variabel X (Pengaruh Terpaan Konten Tiktok @bellaclrs_) dengan variabel Y (Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2023 Universitas Mercu Buana) sebesar 0,590. Ditemukan bahwa 34.8% dari perilaku konsumtif dipengaruhi dari variabel terpaan konten tiktok, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Bahwa hubungan antara kedua variabel ini terbukti positif, dengan penolakan hipotesis nol dan penerimaan hipotesis alternatif. Kata Kunci: Tiktok, Teori S-O-R, Perilaku Konsumtif, Terpaan Media, Ilmu Komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 24 105
NIM/NIDN Creators: 44120010039
Uncontrolled Keywords: Tiktok, Teori S-O-R, Perilaku Konsumtif, Terpaan Media, Ilmu Komunikasi.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:26
Last Modified: 08 Oct 2024 02:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92298

Actions (login required)

View Item View Item