PENGARUH KREDIBILITAS REVIEWER MAUDY AYUNDA TERHADAP MINAT BACA BUKU SUBSCRIBER (Survei Pada Channel YouTube Maudy Ayunda)

AULIANI, YASMINE KAMILAH (2024) PENGARUH KREDIBILITAS REVIEWER MAUDY AYUNDA TERHADAP MINAT BACA BUKU SUBSCRIBER (Survei Pada Channel YouTube Maudy Ayunda). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
44220010061-Yasmine Kamilah Auliani-01 Cover.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44220010061-Yasmine Kamilah Auliani-02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB 2)
44220010061-Yasmine Kamilah Auliani-03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB 3)
44220010061-Yasmine Kamilah Auliani-04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB 4)
44220010061-Yasmine Kamilah Auliani-05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB 5)
44220010061-Yasmine Kamilah Auliani-06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44220010061-Yasmine Kamilah Auliani-07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44220010061-Yasmine Kamilah Auliani-08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Kredibilitas reviewer memegang peran besar dalam proses pembentukan opini atau mindset khalayaknya, apabila reviewer dianggap seorang yang ahli dalam bidang bahasan ulasan dapat dipercaya, maka potensi keberhasilan komunikasi atas konten online review akan terbuka lebih lebar. "Maudy Ayunda's Booklist" merupakan salah satu konten review buku yang berada di platform media sosial youtube. Vlog dapat menjadi salah satu jalan keluar atau alternatif untuk meningkatkan minat baca buku. Menonton vlog tersebut juga dapat memudahkan para penontonnya dalam memperoleh informasi terkait buku yang direview serta menambah wawasan. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui besarnya Pengaruh Kredibilitas Reviewer Terhadap Minat Baca Buku Subscriber. Penelitian ini menggunakan Teori Terpaan Media, Teori Efek Terbatas, dan Teori Minat. Metode penelitian kuantitatif melalui metode survei dan paradigma positivisme. Populasi dan sampel merupakan Subscriber youtube Maudy Ayunda. Teknik pengambilan sampel non-probability sampling melalui metode purposive sampling dengan jumlah 400 responden. Teknik analisa data menggunakan software SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai original sample positif sebesar 0.887 atau 88,7%, nilai t-hitung > t-tabel menunjukkan nilai 20.121 > 1.966 dan hasil nilai p value sebesar 0.000 < 0,05, serta nilai R-square sebesar 0,504 atau 50,4%. Hal ini membuktikan bahwa Kredibilitas Maudy Ayunda sebagai Reviewer memiliki pengaruh positif terhadap Brand Image produk Somethinc sebesar 50,4%, sedangkan 49,6% sisanya dijelaskan atau diterangkan oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220010061
Uncontrolled Keywords: Credibility, Reviewer, Reading Interest, Youtube.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca > 028.9 Reading Interest and Habits/Kebiasaan Membaca, Minat Baca
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 07 Oct 2024 06:37
Last Modified: 07 Oct 2024 06:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92253

Actions (login required)

View Item View Item