ANALISIS FAKTOR KEPERCAYAAN PENGGUNA JASA, PENAWARAN HARGA DAN KEPUASAN PENGGUNA JASA TERHADAP DAYA SAING KONTRAKTOR KECIL DAN PERORANGAN

KRYSTYAN, GYAN AGYE TRY (2024) ANALISIS FAKTOR KEPERCAYAAN PENGGUNA JASA, PENAWARAN HARGA DAN KEPUASAN PENGGUNA JASA TERHADAP DAYA SAING KONTRAKTOR KECIL DAN PERORANGAN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

The number of construction companies in Indonesia in 2023 there are 190.677 companies with dominated by small classification companies with a total of 143.659 companies and 18.883 non-qualified companies, with a large number of contractor companies causing intense competition, many factors that cause contractors to compete including owner trust, price offers and owner satisfaction. The purpose of this study is to analyse the effect of trust, offer and satisfaction on the competitiveness of small and individual contractors in the owner's perspective and get strategic input that can be used in maximising Owner trust, Price offer and Owner satisfaction to maximise contractor competitiveness. This study uses quantitative research methods and to obtain data by distributing questionnaires and then processed with SmartPLS. The results of this study indicate that Trust (X1) has no significant direct effect on competitiveness (Y1), Satisfaction (X2) and Offer (Z1) have a significant direct effect on competitiveness (Y1). Trust (X1) has an indirect effect on competitiveness (Y1) through offers (Z1) as an intervening variable, Satisfaction (X2) has no effect on competitiveness (Y1) with offers (Z1) as an intervening variable. Strategic input from respondents to contractors to improve their competitiveness, including: service, marketing, experience, quality and innovation. Keywords: Competitiveness, SmartPLS, Trust, Bidding, Satisfaction Jumlah perusahaan konstruksi di Indonesia pada tahun 2023 ada sebanyak 190.677 perusahaan dengan didominasi oleh perusahaan klasifikasi kecil dengan jumlah 143.659 perusahaan dan 18.883 perusahan non-kualifikasi dengan jumlah perusahaan kontraktor yang banyak maka menyebabkan persaingan yang ketat, banyak faktor yang menyebabkan kontraktor dapat bersaing diantaranya adalah Kepercayaan Pengguna Jasa owner, penawaran harga serta Kepuasan Pengguna Jasa owner. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Kepercayaan Pengguna Jasa, Penawaran Harga dan Kepuasan Pengguna Jasa terhadap daya saing kontraktor kecil dan perorangan dalam perspektif owner dan mendapatkan masukan strategi yang dapat digunakan dalam memaksimalkan Kepercayaan Pengguna Jasa, Penawaran Harga dan Kepuasan Pengguna Jasa untuk memaksimalkan daya saing kontraktor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan untuk mendapatkan data dengan penyebaran kuesioner kemudian diolah dengan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukan Kepercayaan Pengguna Jasa (X1) tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap daya saing (Y1), Kepuasan Pengguna Jasa (X2) dan Penawaran Harga (Z1) memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap daya saing (Y1). Kepercayaan Pengguna Jasa (X1) memiliki pengaruh tidak langsung terhadap daya saing (Y1) melalui Penawaran Harga (Z1) sebagai variabel intervening, Kepuasan Pengguna Jasa (X2) tidak berpengaruh terhadap daya saing (Y1) dengan Penawaran Harga (Z1) sebagai variabel intervening. Masukan strategi dari responden kepada kontraktor untuk meningkatkan daya saingnya, diantaranya adalah : pelayanan, pemasaran, pengalaman, kualitas dan inovasi. Kata kunci : Daya Saing, SmartPLS, Kepercayaan, Penawaran, Kepuasan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/557. 24 052
NIM/NIDN Creators: 55721120005
Uncontrolled Keywords: Daya Saing, SmartPLS, Kepercayaan, Penawaran, Kepuasan.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 381 Commerce, Trade/Perdagangan > 381.1 Retail Trade/Perdagangan Ritail, Pasar
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 05 Oct 2024 03:38
Last Modified: 05 Oct 2024 03:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92211

Actions (login required)

View Item View Item