TUE, JAMES DANICA ELEAZAR (2024) ANALISIS KINERJA OPERASIONAL BUS DAN KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN BUS TRANSJAKARTA NON-BRT KORIDOR 1H RUTE STASIUN TANAH ABANG – STASIUN GONDANGDIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
41121120066 - James Danica Eleazar Tue - 01 Cover.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
41121120066 - James Danica Eleazar Tue - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
|
Text (BAB 2)
41121120066 - James Danica Eleazar Tue - 03 BAB 2.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text (BAB 3)
41121120066 - James Danica Eleazar Tue - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text (BAB 4)
41121120066 - James Danica Eleazar Tue - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
||
Text (BAB 5)
41121120066 - James Danica Eleazar Tue - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41121120066 - James Danica Eleazar Tue - 07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
41121120066 - James Danica Eleazar Tue - 09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Layanan non-BRT Transjakarta merupakan layanan yang melayani pelanggan di jalur umum dengan tujuan menjangkau lebih banyak masyarakat untuk menggunakan transportasi publik sebagai solusi dari permasalahan mobilitas di Jakarta. Salah satu koridor Transjakarta non-BRT adalah koridor 1H yang memiliki kendala dalam pengoperasiannya, yaitu penumpukan jumlah penumpang pada waktu tertentu serta headway dan waktu tunggu yang dinilai terlalu lama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja operasional bus dan tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan Transjakarta non-BRT koridor 1H. Penelitian ini menggunakan pedoman Dirjen Perhubungan Darat (SK.687/AJ.206/DRJD/2002) dan standar pelayanan minimal PerGub DKI Jakarta No. 13 Tahun 2019. Metode penelitian menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Dari hasil analisis kinerja operasional bus, nilai rata-rata faktor muat pada hari kerja adalah 27.23% dan pada akhir pekan sebesar 6.59%. Nilai tersebut tidak melebihi faktor muat ideal yang ditentukan (70%) berdasarkan pedoman Dirjen Perhubungan Darat. Nilai rata-rata waktu antara pada hari kerja (9.70 menit) termasuk dalam kategori ideal berdasarkan pedoman Dirjen Perhubungan Darat dan tidak melebihi standar pelayanan PerGub DKI Jakarta No. 13 Tahun 2019. Nilai rata- rata waktu antara akhir pekan (11.07 menit) termasuk dalam kategori tidak ideal berdasarkan pedoman Dirjen Perhubungan Darat dan tidak melebihi standar pelayanan PerGub DKI Jakarta No. 13 Tahun 2019. Hasil tingkat kesesuaian dari analisis dengan metode IPA adalah 89.73% yang menunjukan bahwa penumpang Transjakarta non BRT koridor 1H menilai terdapat beberapa indikator standar pelayanan yang tingkat kepentingannya tidak sebanding dan lebih tinggi dari tingkat kinerjanya atau dengan kata lain penumpang berharap beberapa indikator tersebut ditingkatkan kinerjanya. Untuk hasil analisis CSI adalah 83.48% yang menunjukan secara keseluruhan penumpang merasa sangat puas (81% – 100%) dengan kinerja pelayanan Transjakarta non-BRT koridor 1H.
Actions (login required)
View Item |