ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYEBAB KELELAHAN DRIVER GRABBIKE DI KOTA JAKARTA UTARA MENGGUNAKAN METODE IFRC (INDUSTRIAL FATIGUE RESEARCH COMMITTEE)

SETIAMAN, KHALIL GIBRAN (2024) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYEBAB KELELAHAN DRIVER GRABBIKE DI KOTA JAKARTA UTARA MENGGUNAKAN METODE IFRC (INDUSTRIAL FATIGUE RESEARCH COMMITTEE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)

Abstract

In 2014, Grab launched a Grabbike service that can pick up and drop off customers based on their destinations. Some grabbike drivers complain of fatigue while working as drivers. Factors that affect grabbike drivers while working include working more than eight hours per day and even working at night until dawn. Work fatigue, especially among online motorcycle taxi drivers, is a serious problem that can lead to traffic accidents. The purpose of this study was to determine the level of fatigue of Grabbike drivers in North Jakarta, determine the factors that cause fatigue in Grabbike drivers in North Jakarta, and analyze the relationship between causative factors and work fatigue in Grabbike drivers in North Jakarta. This research uses the method of Industrial Fatigue Research Committee (IFRC). Each respondent's fatigue category can then be characterized using the total score received to inform further actions as proposed improvements. Based on the measurement of fatigue levels using the Industrial Fatigue Research Committee approach on Grabbike drivers in North Jakarta, in this study it was known that 4 Grabbike drivers (13.3%) with mild fatigue (61-90), 8 people (26.7%) for Grabbike drivers with moderate fatigue category, and 18 operators (60%) for severe fatigue category Grabbike drivers. The relationship between internal factors and work fatigue in Grabbike drivers in North Jakarta City, namely the Age factor (X1) and the BMI factor (X2), did not have a significant relationship with IFRC (Y). The relationship between external factors and work fatigue in Grabbike drivers in North Jakarta City, namely the Sleep Hour (X3) and IFRC (Y) factors, has a correlation with IFRC (Y). Pada tahun 2014, Grab meluncurkan layanan Grabbike yang dapat menjemput dan menurunkan pelanggan berdasarkan tujuan mereka. Beberapa driver Grabbike mengeluhkan kelelahan saat bekerja sebagai driver. Faktor yang mempengaruhi driver Grabbike saat bekerja antara lain bekerja lebih dari delapan jam per hari bahkan bekerja pada malam hari hingga subuh. Kelelahan kerja, khususnya di kalangan pengemudi ojek online, merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelelahan driver Grabbike di Kota Jakarta Utara, mengetahui faktor yang menyebabkan kelelahan pada driver Grabbike di Kota Jakarta Utara, dan menganalisis hubungan antara faktor penyebab dengan kelelahan kerja pada driver Grabbike di Kota Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode Industrial Fatigue Research Committee (IFRC). Kategori kelelahan masing-masing responden kemudian dapat dikarakterisasi menggunakan total skor yang diterima untuk menginformasikan tindakan selanjutnya sebagai usulan perbaikan. Berdasarkan pengukuran tingkat kelelahan dengan menggunakan pendekatan Industrial Fatigue Research Committee pada driver Grabbike di Jakarta Utara, pada penelitian ini diketahui bahwa driver Grabbike dengan kelelahan ringan (61-90) sebanyak 4 orang (13,3%), untuk kelelahan driver Grabbike dengan kategori kelelahan sedang sebanyak 8 orang (26,7%), untuk kategori kelelahan berat sebanyak 18 operator (60%) driver Grabbike. Hubungan antara faktor internal dengan kelelahan kerja pada driver Grabbike di Kota Jakarta Utara yaitu pada faktor Usia (X1) dan faktor IMT(X2) tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap IFRC (Y). Hubungan antara faktor eksternal dengan kelelahan kerja pada driver Grabbike di Kota Jakarta Utara yaitu pada faktor Jam Tidur (X3) dan IFRC (Y) mempunyai korelasi yang terhadap IFRC (Y).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 24 090
NIM/NIDN Creators: 41617010010
Uncontrolled Keywords: Driver, Grabbike, IFRC, Kelelahan, Kecelakaan Kerja
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.7 Industrial Psychology/Psikologi Industri, Psikologi Perindustrian > 158.72 Job Stress/Stres Kerja > 158.723 Job Burnout/Kelelahan Kerja
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 628 Sanitary Engineering and Environmental Protection Engineering/Rekayasa Sanitasi dan Teknik Perlindungan Lingkungan, Teknik Lingkungan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:10
Last Modified: 03 Oct 2024 03:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92096

Actions (login required)

View Item View Item