NINGSIH, DIAN FITRI (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA E-GROCERIES SAYURBOX. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
44220120001-Dian Fitri Ningsih-01 Cover.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
44220120001-Dian Fitri Ningsih-02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text (BAB 2)
44220120001-Dian Fitri Ningsih-03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
Text (BAB 3)
44220120001-Dian Fitri Ningsih-04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text (BAB 4)
44220120001-Dian Fitri Ningsih-05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
Text (BAB 5)
44220120001-Dian Fitri Ningsih-06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44220120001-Dian Fitri Ningsih-07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
Abstract
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis data untuk pengguna internet di Indonesia saat ini adalah 215.63 juta orang pada periode 2022- 2023. Dengan adanya internet dan kebiasaan khalayak dalam mengkonsumsi ragam informasi baru dan inovasi baru membuat pergerakan industri baru contohnya industri groceries. Sayurbox sebagai pelaku e-Grocery memiliki tantangan untuk mentransformasi kebiasaan masyarakat Indonesia dari konvensional ke digital. Sayurbox menggunakan sistem pemesanan multi-channel dalam satu aplikasi di mana pelanggan di kategorisasi dalam dua segmentasi: B2B dan B2C. Informasi yang dibagikan oleh Sayurbox tentunya melalui media sosial Instagram yang dimana peran Public Relations sangat dibutuhkan. Pemanfaatan media sosial Instagram @Sayurbox yang telah dilakukan dengan menerapkan dimensi media sosial (Komunitas Daring, Interaksi, Berbagi Konten, Aksesibilitas, Kredibilitas) dan mengoptimalkan fitur-fitur Instagram. Peran Public Relations tentu sebagai tolak ukur keberhasilan suatu merek dalam menerapkan dimensi media sosial agar terciptanya brand awareness pada sektor industri baru yaitu e-grocery. E-groceries sebagai layanan online yang meliputi pengiriman makanan dan bahan pangan segar ke rumah konsumen, termasuk pengiriman makanan dari restoran ke rumah, pengiriman dari toko grosir dan pengiriman produk pertanian. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivism dengan pendakatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan data sekunder, dengan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian melalui wawancara kepada narasumber yang tentunya bagian dari Sayurbox, pemanfaatan media sosial Instagram Sayurbox telah dilakukan secara maksimal dengan menggunakan semua fitur Instagram agar terdapat brand awareness pada sosial media Instagram @sayurbox. Konten-konten yang dimiliki oleh @sayurbox tersebut diunggah dengan memanfaatkan berbagai fitur-fitur yang diberikan oleh instagram sehingga dapat memudahkan para informan utama untuk mendapatkan sebuah informasi mengenai Sayurbox. persentase engagement rate mencapai 1,5% dan berinteraksi dengan konsumen mencapai 1000-3000 followers.
Actions (login required)
View Item |