PENGARUH CITRA DIRI BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE ERIGO APPAREL (Survei Pada Followers Akun Instagram @Ariefmuhammad)

HARIAWAN, ARKANANTA ARYA PUTRA (2024) PENGARUH CITRA DIRI BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE ERIGO APPAREL (Survei Pada Followers Akun Instagram @Ariefmuhammad). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
44220010137 - Arkananta Arya Putra Hariawan - 01 Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44220010137 - Arkananta Arya Putra Hariawan - 02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2)
44220010137 - Arkananta Arya Putra Hariawan - 03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB 3)
44220010137 - Arkananta Arya Putra Hariawan - 04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB 4)
44220010137 - Arkananta Arya Putra Hariawan - 05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB 5)
44220010137 - Arkananta Arya Putra Hariawan - 06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44220010137 - Arkananta Arya Putra Hariawan - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44220010137 - Arkananta Arya Putra Hariawan - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This is April mengeluarkan satu kampanye hubungan masyarakat bertema “Interlude” dan mendapat respon positif dari audiens karena pesan yang disampaikan oleh video mengandung makna mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji analisis semiotika dalam kampanye hubungan masyarakat “Interlude” Mikha Tambayong for This is April. Penelitian ini menggunakan teori Kampanye Hubungan Masyarakat, Semiotika Roland Barthes, dan ideologi feminisme. Teori kampanye hubungan masyarakat untuk melihat teknik yang digunakan This is April, Teori Semiotika Roland Barthes untuk melihat tanda dan lambang pada kampanye Interlude, dan teori ideologi feminisme dari Maulida, Nicholas Abercrombie et. al., dan Abbas untuk melihat pemaknaan tingkat kedua dari kampanye Interlude. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan objek penelitiannya adalah video kampanye hubungan masyarakat “Interlude”. Data-data akan dikumpulkan menggunakan studi dokumentasi dan observasi. Data-data tersebut akan dianalisis menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes yang terdiri atas tanda denotasi, tanda konotasi, dan mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video kampanye “Interlude” This is April memiliki makna denotasi, makna konotasi, dan mitos. Makna denotasinya digambarkan melalui beberapa unsur, seperti latar, raut wajah, monolog, efek kamera, pola pikir tokoh, gerakan/gesture dan properti yang digunakan dalam setiap scene yang terkait dengan representasi feminisme. Untuk makna konotasinya ditunjukan dari Mikha Tambayong sebagai representasi perempuan yang selalu membuat perlombaannya sendiri. Mikha merasa harus mengemban semua pekerjaan dalam waktu yang singkat karena jika tidak begitu, ia akan merasa tertinggal dari orang lain. Terakhir, mitosnya adalah pandangan sebagian perempuan di Indonesia bahwa mereka harus terus mengerjakan sesuatu agar tidak tertinggal dari yang lain. Alhasil, mereka sering kewalahan secara fisik dan mental. Dari pemaknaan ini, disimpulkan bahwa This is April berusaha membangun citra sebagai merek pakaian perempuan yang peduli terhadap isu-isu feminisme, gender, kesehatan fisik dan mental perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220010137
Uncontrolled Keywords: Citra Diri, Brand Image
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:54
Last Modified: 20 Sep 2024 03:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91616

Actions (login required)

View Item View Item