ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE INTERPRETIVE STRUCTURAL MODELING (ISM) DI PT. DKE

DIANISA, SENORA (2024) ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE INTERPRETIVE STRUCTURAL MODELING (ISM) DI PT. DKE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Halal labels on cosmetic products have a crucial role, the existence of halal labels ensures compliance with Islamic law and ensures that products are free from non-halal ingredients. In this study, it is known that the influence of halal labels on cosmetic purchase decisions is 22.8% with adult female respondents aged >17 years and dominated by young respondents (89% aged 17-30 years) and highly educated (86.9% high school/vocational school and S1). The majority of respondents who are private employees (70%) indicated sufficient purchasing power and potential brand loyalty if their needs are met. Therefore, companies need the right marketing strategy to realize the decision to buy halal-labeled cosmetic products. The method used to determine the marketing strategy in this study is Interpretive Structural Modeling (ISM) with the help of the opinions of experts, so it can be concluded that the key criteria in the marketing strategy are the criteria of Listing halal labels on products (A1) and Social Media Promotion & Muslim Influencers (A8), where these two factors are the basis for the realization of criteria that affect other criteria. Label halal pada produk kosmetik memiliki peran krusial, keberadaan label halal menjamin kesesuaian dengan syariat Islam dan memastikan produk bebas dari bahan non-halal. Pada penelitian ini diketahui pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik sebesar 22,8% dengan responden wanita dewasa berusia >17 tahun dan didominasi oleh responden muda (89% berusia 17-30 tahun) dan berpendidikan tinggi (86,9% SMA/SMK dan S1). Mayoritas responden yang merupakan karyawan swasta (70%) mengindikasikan adanya daya beli yang cukup dan potensi loyalitas merek jika kebutuhan mereka terpenuhi. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk mewujudkan terjadinya keputusan pembelian produk kosmetik berlabel halal. Metode yang digunakan untuk menentukan strategi pemasaran dalam penelitian ini adalah Interpretive Structural Modeling (ISM) dengan dibantu pendapat para ahli (expertis) maka dapat disimpulkan bahwa kriteria kunci dalam strategi pemasaran adalah kriteria Mencantumkan label halal pada produk (A1) dan Promosi sosial media & Influencer muslim (A8), dimana kedua faktor tersebut sebagai dasar terwujudnya kriteria yang mempengaruhi terhadap kriteria lain.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 24 076
NIM/NIDN Creators: 41620110050
Uncontrolled Keywords: Label Halal, Kosmetik, Keputusan Pembelian, Strategi Pemasaran, Interpretive Structural Modeling (ISM)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 628 Sanitary Engineering and Environmental Protection Engineering/Rekayasa Sanitasi dan Teknik Perlindungan Lingkungan, Teknik Lingkungan
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 668 Technology of Other Organic Products/Teknologi Produk Organik Lainnya > 668.5 Parfumes and Cosmetics/Teknologi Parfum, Minyak Wangi dan Kosmetik
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:17
Last Modified: 20 Sep 2024 02:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91597

Actions (login required)

View Item View Item