STRATEGI PERSONAL BRANDING NADIA AISYAH MELALUI KONTEN EDUKASI BUDAYA KOREA PADA AKUN TIKTOK @nadiaaisyah05

BAHTIRA, ZAHRA PUTRI (2024) STRATEGI PERSONAL BRANDING NADIA AISYAH MELALUI KONTEN EDUKASI BUDAYA KOREA PADA AKUN TIKTOK @nadiaaisyah05. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)

Abstract

This research was motivated by researchers being interested in personal branding strategies. Personal branding strategies can also be carried out directly or indirectly through social media. An influencer needs strong personal branding to differentiate themselves from competitors. One of the TikTok influencers is Nadia Aisyah with the TikTok account @nadiaaisyah05 through Korean cultural educational content. This research aims to determine Nadia Aisyah's personal branding strategy through Korean cultural educational content on the TikTok account @nadiaaisyah05. The method used is descriptive qualitative with a case study focus. The data obtained in this research are Primary Data and Secondary Data. Primary data in this research uses in-depth interviews and observations, while secondary data uses literature and documentation. This research is supported by the eight main concepts of personal branding according to Peter Montoya, namely specialization, personality, distinction, visibility, difference, unity, steadfastness, and good name. As well as, marketing communications theory. Based on the results of research conducted by Nadia Aisyah, she succeeded in applying these concepts in carrying out her personal branding strategy, namely through Korean cultural educational content such as Korean. A friendly personality has the distinction of linking idols with educational content and having an appropriate unity between his content and his personal life. Nadia Aisyah also tries to be consistent in interacting with her followers. However, there is an evaluation, namely that Nadia Aisyah can be more active in creating her content and maintaining her reputation by always learning and evaluating. In carrying out marketing communications, Nadia Aisyah uses TikTok as a forum for building her personal branding strategy which is supported by the environment and connections related to her content. Keywords: Strategy, Personal Branding, TikTok Penelitian ini dilatarbelakangi karena peneliti tertarik pada strategi personal branding. Strategi personal branding juga dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung melalui media sosial. Seseorang influencer memerlukan personal branding yang kuat untuk mengetahui perbedaan dari pesaing. Salah satu influencer TikTok yaitu Nadia Aisyah dengan akun TikTok @nadiaaisyah05 melalui konten budaya edukasi budaya Korea. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana strategi personal branding Nadia Aisyah melalui konten edukasi budaya Korea pada akun TikTok @nadiaaisyah05. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan fokus studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Data primer pada penelitian ini dengan wawancara mendalam dan observasi, sedangkan data sekunder dengan literatur dan dokumentasi. Pada penelitian ini didukung dengan delapan konsep utama personal branding menurut Peter Montoya yaitu spesialisasi, kepribadian, perbedaan, terlihat, perbedaan, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Serta, Teori komunikasi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Nadia Aisyah berhasil menerapkan konsep-konsep ini dalam melakukan strategi personal brandingnya yaitu melalui konten edukasi budaya Korea seperti bahasa Korea. Kepribadian yang ramah, memiliki perbedaan yaitu dengan mengaitkan idola dengan konten edukasi, dan memiliki kesatuan yang sesuai antara kontennya dengan kehidupan pribadinya. Nadia Aisyah juga berusaha untuk konsisten dalam berinteraksi dengan followersnya. Namun terdapat evaluasi yaitu Nadia Aisyah dapat lebih aktif dalam membuat kontennya, menjaga reputasi dengan selalu belajar dan mengevaluasi. Dalam melakukan komunikasi pemasaran Nadia Aisyah menggunakan TikTok sebagai wadah dalam membangun strategi personal brandingnya yang didukung dengan lingkungan dan koneksi yang berkaitan pada kontennya. Kata Kunci : Strategi, Personal Branding, TikTok

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 24 045
NIM/NIDN Creators: 44320010020
Uncontrolled Keywords: Strategi, Personal Branding, TikTok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.5 Plans for Specific Kinds of Areas/Perencanaan untuk Jenis Area Tertentu > 711.57 Cultural and Educational Areas/Kawasan Budaya dan Pendidikan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 19 Sep 2024 03:42
Last Modified: 19 Sep 2024 03:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91554

Actions (login required)

View Item View Item