RAMADHAN, IBNU SINA ALBY (2024) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Kasus Ruas Jalan Raya Imam Bonjol –Fatahilla Bekasi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
41118310079-Ibnu Sina Alby Ramadhan-02 Cover.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
41118310079-Ibnu Sina Alby Ramadhan-03 Abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
41118310079-Ibnu Sina Alby Ramadhan-04 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
41118310079-Ibnu Sina Alby Ramadhan-05 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
41118310079-Ibnu Sina Alby Ramadhan-06 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
41118310079-Ibnu Sina Alby Ramadhan-07 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
41118310079-Ibnu Sina Alby Ramadhan-08 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41118310079 - Ibnu Sina Alby Ramadhan - 09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
41118310079 - Ibnu Sina Alby Ramadhan - 10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji daerah dan titik rawan kecelakaan lalu lintas pada ruas Jalan Raya Imam Bonjol – Jalan Raya Fatahila, Kabupaten Bekasi. Lokasi ini merupakan ruas jalan yang memiliki tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas yang besar, karena memiliki aksesbilitas tinggi. Pada sisi Ruas Jalan tersebut terdapat banyak pabrik industri, terminal,perkantoran, pertokoan, pemukiman sampai dengan pusat pendidikan, area komersial, rumah sakit dan pasar. Untuk analisis kecelakaan menggunakan Metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan metode Upper Control Limit (UCL). Serta kelayakan jalan dapat dilihat dengan melakukan analisis kinerja jalan raya sesuai dengan Manula Kapasitan Jalan Indonesia ( MKJI 1997) untuk jalan jalan perkotaan. Penelitian ini dilakukan dengan Observasi untuk mengumpulkan data. Disegmen 2 merupakan daerah rawan kecelakaan dengan nilai AEK 528 dengan jumlah kecelakaan 79. Kondisi Ruas Jalan masih ditemukan lampu lalu lintasnya dalam kondisi mati, adanya lubang dibeberapa titik, serta kurangnya fasilitas bagi penyebrang jalan. Faktor penyebab kecelakaan adalah Kurangnya kesadaran tentang keselamatan berkendara serta kurangnya fasilitas yang memadai. Kinerja ruas jalannya disimpulkan tingkat pelayanan jalan B dengan nilai 0,41. Beberapa upaya yang dapat dilakukan yaitu: Pengadaan Pelican dengan Lapak Tunggu pada area yang padat kegiatan penyebrangan pejalan kaki,Perbaikan penerangan jalan yang dalam kondisi mati,Bagi Dinas Pekerjaan Umum untuk perlu dilakukan pemeliharaan dan perbaikan jalan yang rusak serta fasilitas jalan yang tidak layak,Bagi Dinas Kepolisian Kabupaten Bekasi, Mohon untuk lebih rutin dilakukan Penyuluhan terkiat Safety Riding dan tentang bahaya kecelakaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41118310079 |
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan, Angka Ekivalen Kecelakaan, Upper Control Limit, MKJI 1997, Jalan Raya Imam Bonjol – Fatahilla Kab. Bekasi. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:19 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:19 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |