PERSONAL BRANDING ERICK THOHIR MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure dalam Akun Instagram@erickthohir)

OKTAVIANA, PUTRI REINA (2024) PERSONAL BRANDING ERICK THOHIR MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure dalam Akun Instagram@erickthohir). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Social media is a medium where users interact with each other, share information, and create educational content. Building Personal Branding on social media is a self value that will be assessed by others, the resulting self-image can be good or bad, this depends on how the individual manages a good public image on Social Media. One of the people who often use Instagram and is popular is @erickthohir, Minister of BUMN and Chairman of PSSI who shares his precious moments through content in building his self-image. This research was conducted to find out and describe the form of Personal Branding carried out by Erick Thohir through the @erickthohir Instagram account. This research uses the constructivism paradigm, with a qualitative approach through the Ferdinand de Saussure Semiotics method and using Peter Montoya's 8 Personal Branding Concepts. The unit of analysis used is @erickthohir's Instagram content from the period November 8, 2022 - July 10, 2023. Primary data collection techniques are carried out using analysis and observation techniques, secondary data in the form of books, journals and previous research,. Data analysis techniques by observing or seeing directly with an object account that is used as a source of information on the content of the content on the @erickthohir Instagram account. The results of this study show that Erick has personal branding values, namely having principles and forming specialties, showing the ability to inspire others and lead, having friendly personality traits, having uniqueness and difference, being able to be seen and involved consistently as a leader, having a personality and morals that are in line and form unity, showing firmness and awareness, building a good name with positive values. Keywords: Semiotics, Instagram, Social Media, Personal Branding, Erick Thohir Media sosial adalah sebuah media dimana penggunanya saling berinteraksi satu sama lain, saling berbagi informasi, serta menciptakan konten yang edukatif. Membangun Personal Branding di media sosial ini merupakan suatu nilai diri yang akan di nilai oleh orang lain, Citra diri yang di hasilkan bisa menjadi baik ataupun buruk, hal ini tergantung pada bagaimana Individu tersebut mengelola citra publik yang baik di Media Sosial. Salah satu orang yang sering menggunakan instagram dan populer adalah @erickthohir, Menteri BUMN dan Ketua PSSI yang membagikan momen berharganya melalui konten dalam membangun citra dirinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menggambarkan bentuk dari Personal Branding yang dilakukan oleh Erick Thohir melalui akun instagram @erickthohir. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan pendekatan kualitatif melalui metode Semiotika Ferdinand de Saussure dan menggunakan 8 Konsep Personal Branding Peter Montoya. Unit analisis yang digunakan adalah konten Instagram @erickthohir dari periode 8 November 2022 – 10 Juli 2023. Teknik pengumpulan data primer dilakukan menggunakan teknik analisa dan pengamatan, data sekunder berupa buku, jurnal dan penelitian terdahulu,. Teknik analisa data dengan mengamati atau melihat secara langsung dengan sebuah akun objek yang dijadikan sebuah sumber informasinya pada konten konten di akun Instagram @erickthohir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Erick memiliki nilai personal branding yaitu Memiliki prinsip dan membenrtuk Spesialiasasi, Menunjukkan kemampuan untuk menginspirasi orang lain dan memimpin, Memiliki sifat kepribadian yang ramah, Memiliki keunikan dan perbedaan, Mampu terlihat dan terlibat secara konsisten sebagai pemimpin, Memiliki kepribadian dan moral yang sejalan dan membentuk kesatuan, Menujukkan ketteguhan dan kesadaran, Membangun nama baik dengan nilai positif. Kata kunci: Semiotika, Instagram, Media Sosial, Personal Branding, Erick Thohir

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 161
Call Number: SK/42/24/083
NIM/NIDN Creators: 44220010145
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Instagram, Media Sosial, Personal Branding, Erick Thohir
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:57
Last Modified: 19 Aug 2024 08:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90347

Actions (login required)

View Item View Item