AZZAHRA, FARAH (2024) CITRA PT. PEGADAIAN DALAM SIARAN PERS Analisis Isi Rubrik Berita pada Website pegadaian.co.id Tahun 2023. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
Text (COVER)
44220010202-Farah Azzahra-01 Cover - farah azzahra.pdf Download (364kB) |
|
Text (ABSTRAK)
44220010202-Farah Azzahra-02 Abstrak - farah azzahra.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB I)
44220010202-Farah Azzahra-03 Bab 1 - farah azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text (BAB II)
44220010202-Farah Azzahra-04 Bab 2 - farah azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text (BAB III)
44220010202-Farah Azzahra-05 Bab 3 - farah azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Text (BAB IV)
44220010202-Farah Azzahra-06 Bab 4 - farah azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
44220010202-Farah Azzahra-07 Bab 5 - farah azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44220010202-Farah Azzahra-08 Daftar Pustaka - farah azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
44220010202-Farah Azzahra-09 Lampiran - farah azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
|
Text (LEMBAR KEABSAHAN)
44220010202-Farah Azzahra-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - farah azzahra.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
Abstract
Citra adalah salah satu sarana terpenting bagi tiap Perusahaan. Dalam membangun sebuah citra, siaran pers dengan citra memiliki keterkaitan. PT. Pegadaian telah membuat siaran pers yang dapat diakses dalam rubrik berita pada website pegadaian.co.id. Dalam unggahan siaran pers, kecendrungan kemasan citra dapat dilihat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kecenderungan kemasan citra melalui melalui rubrik siaran pers website pegadaian.co.id tahun 2023 yang dilakukan menggunakan konsep metode pengukuran sebagai bentuk dari metode kuantitatif yang berupa statistik. Pada penelitian terdahulu terdapat delapan penelitian yang menjadi rujukan dan relevansi pada penelitian. Pada penelitian terdahulu memiliki persamaan pada metode penelitian yaitu penelitian analisis isi kuantitatif, objek penelitian yang diteliti, meneliti citra perusahaan, melakukan kategorisasi siaran pers, dan menganalisa siaran pers perusahaan. Sedangkan kebaharuannya adalah perusahaan yang peneliti teliti, menggunakan website perusahaan sebagai objek penelitian, isi siaran pers perusahaan, periode objek penelitian, dan isi kategori penelitian. Penelitain ini menggunakan Paradigma Positivism. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode penelitian adalah analisis isi. Populasi yang diambil yaitu keseluruhan press release pada website PT. Pegadaian periode tahun 2023 sejumlah 17 release dan menggunakan total sampling. Pada penelitian, statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan masalah penelitian dan melihat distribusi frekuensi variabelnya. Teknik pengumpulan data menggunakan survey dan studi. Analisis ini merujuk pada isi siaran pers yang diunggah pada laman website PT.Pegadaian. Hasil Penelitian menunjukan Kategori jenis siaran pers mencakup basic release (82%). Tema siaran pers mencakup penghargaan (29%) dan sosial (29%). Narasumber siaran pers yaitu direktur (71%). Kemasan pesan yang membahas isi pesan yaitu daya tarik rasional (53%). Citra perusahaan yang mencakup tanggung jawab sosial (53%). Kecenderungan kemasan citra menunjukkan bahwa PT. Pegadaian cenderung memberikan penekanan pada narasi bersifat rasional dengan fokus pada mutu, nilai ekonomis, manfaat, dan kinerja dengan mengedepankan penghargaan dan tanggung jawab Perusahaan kepada masyarakat. Image is one of the most important means for every company. Press releases and images are related to building an image. PT. Pegadaian has made press releases that can be accessed in the news column on the pegadaian.co.id website. In the press release upload, the tendency of image packaging can be seen. This study aims to explain the tendency of image packaging through the press release column of the pegadaian.co.id website in 2023 which was carried out using the concept of measurement methods as a form of quantitative methods in the form of statistics. In previous studies, eight studies were referenced and relevant to the study. Previous studies have similar research methods, namely quantitative content analysis research, research objects studied, examining corporate image, categorizing press releases, and analyzing corporate press releases. While the novelty is that the company that the researcher studied, used the company website as the object of research, the content of the company's press release, the research object period, and the content of the research category. This study uses the Positivism Paradigm. With a quantitative research approach. The research method is content analysis. The population taken is all press releases on the PT website. Pegadaian period 2023 amounted to 17 releases and used total sampling. In the study, descriptive statistics were used to describe the research problem and see the frequency distribution of its variables. Data collection techniques used surveys and studies. This analysis refers to the contents of press releases uploaded on the PT. Pegadaian website. The results of the study show that the categories of press release types include basic releases (82%). Press release themes include awards (29%) and social (29%). The source of the press release is the director (71%). The message packaging that discusses the contents of the message is rational appeal (53%). Corporate image that includes social responsibility (53%). The tendency of image packaging shows that PT. Pegadaian tends to emphasize rational narratives with a focus on quality, economic value, benefits, and performance by prioritizing awards and the Company's responsibility to the community.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44220010202 |
Uncontrolled Keywords: | Citra, Public Relation, Siaran Pers, Analisis isi, Pegadaian Image, Public Relations, Press Release, Content Analysis, Pegadaian |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | SILMI KAFFA MARISKA |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:10 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:10 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90025 |
Actions (login required)
View Item |