PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI PERSONAL BRANDING ( Analisi Isi Kualitatif Personal Branding Rachel Vennya Dalam Akun IG @rachelvennya Pada Periode Bulan Januari 2022 )

RAMADHANI, SYAHFIRAH (2024) PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI PERSONAL BRANDING ( Analisi Isi Kualitatif Personal Branding Rachel Vennya Dalam Akun IG @rachelvennya Pada Periode Bulan Januari 2022 ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)

Abstract

Personal branding is a way for a person to market himself to others or on social media. Personal branding can help someone show their strengths and expertise. By having personal branding and self-image on social media, especially Instagram, someone will also get feedback from followers and audience. The purpose of this study is to determine the personal branding process and see the application of the concept of Rachel Vennya's personal branding through Instagram social media @rachelvennya in the period March 2022-July 2022. This research uses 8 Montoya personal branding concepts that form personal branding, namely specialization, leadership, personality, difference, looks, unity, constancy and good name. The type of research used in this study is qualitative content analysis. The method used is observation to observe the Instagram account @rachelvennya and documentation to obtain information that supports the analysis and interpretation of researcher data in the form of data in the form of photo files, articles, screenshot comments. The results of the discussion of this study that Rachel Vennya built personal branding with various supporting features such as her followers, uploading photos on her Instagram story, the effects contained in her photos, and the use of sentences in the photo were then described into 8 concepts of personal branding formation, namely specialization, leadership, personality, difference, looks, unity, constancy, and good name. Keywords: Personal Branding, Self-Image, Social Media, Instagram. Personal branding merupakan cara seseorang memasarkan dirinya sendiri ke orang lain ataupun di media sosial. Personal branding dapat membantu seseorang dalam menunjukan kekuatan dan keahlian yang mereka miliki. Dengan mempunyai personal branding serta citra diri di media sosial khususnya Instagram, seseorang akan mendapatkan feedback pula dari followers serta audience-nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses personal branding dan melihat penerapan konsep dari personal branding Rachel Vennya melalui media sosial Instagram @rachelvennya pada periode bulan Maret 2022-Juli 2022. Penelitian ini menggunakan 8 konsep personal branding Montoya yang membentuk personal branding, yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan dan nama baik. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi untuk mengamati akun Instagram @rachelvennya serta dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang mendukung analisis dan interpretasi data peneliti berupa data dalam bentuk file foto, artikel, screenshot comment. Hasil pembahasan dari penelitian ini bahwa Rachel Vennya membangun personal branding dengan berbagai fitur-fitur yang mendukung seperti followersnya, upload foto distory Instagramnya, efek-efek yang terdapat pada foto nya, dan penggunaan kalimat-kalimat yang ada pada foto tersebut kemudian dijabarkan kedalam 8 konsep pembentukan personal branding yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Kata kunci : Personal Branding, Citra Diri, Media Sosial, Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 142
NIM/NIDN Creators: 44219010046
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Citra Diri, Media Sosial, Instagram.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:21
Last Modified: 26 Jul 2024 04:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89842

Actions (login required)

View Item View Item