PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @TRAMTIB_KEC. LARANGAN SEBAGAI MEDIA INFORMASI PUBLIK.

AQIL, ACHMAD ALHAFIZH (2024) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @TRAMTIB_KEC. LARANGAN SEBAGAI MEDIA INFORMASI PUBLIK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The ease of finding information using the internet has made social media one of the closest sources of information to the public. The utilization of social media within the scope of government agencies is expected to have a positive impact on improving quality as a medium of public information. The purpose of this study was to determine how the management of Instagram social media @tramtib_kec.larangan as a public information media. This research uses the post-positivism paradigm. The method used is descriptive analysis with a qualitative approach. Data collection was carried out by in-depth interviews and observations of 3 informants. Researchers used the concept of social media management 4C Theory by Chrish Heuer on the management of Instagram social media carried out by @tramtib_kec.larangan. The results showed that through the “Context” stage by creating a message content (information) with the selection of Instagram social media as a public information media was the right choice because it was in accordance with the target target of Tramtib Kecamatan Larangan, namely the community around Kecamatan Larangan and Tangerang City. At the “Communication” stage, Tramtib Larangan only uses captions or themes that are not too complicated and uses language that is easily understood by the public. At the “Collaborations” stage, Tramtib Larangan Sub-district relies on collaboration with the Tangerang city government or between agencies and even the community in receiving and sharing information share a variety of information that can be shared with the public. At the “Connection” stage, it is good enough to carry out connections with the Tangerang city government and between agencies for more effective information dissemination. Keywords: Management, Social Media, Instagram, Public Information Larangan Sub-district Kemudahan dalam mencari informasi dengan menggunakan internet, menjadikan media sosial sebagai salah satu sumber informasi yang paling dekat dengan masyarakat. Pemanfaatan media sosial dalam lingkup instansi pemerintah diharapkan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas sebagai media informasi publik Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media sosial instagram @tramtib_kec.larangan sebagai media informasi publik. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme. Metode yang digunakan deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi terhadap 3 Informan. Peneliti menggunakan konsep pengelolaan media sosial Teori 4C oleh Chrish Heuer terhadap pengelolaan media sosial instagram yang dilakukan oleh @tramtib_kec.larangan Hasil penelitian menunjukan melalu tahap “Context dengan membuat sebuah isi pesan (informasi) dengan pemilihan media sosial Instagram sebagai media informasi publik menjadi pilihan tepat karena sesuai dengan target sasaran Tramtib Kecamatan Larangan yaitu masyarakat sekitar Kecamatan Larangan maupun Kota Tangerang. Tahap “Communication” Tramtib Kecamatan Larangan hanya menggunakan caption atau tema yang tidak terlalu rumit dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh publik. Pada tahap “Collaborations” Tramtib Kecamatan Larangan mengandalkan kolaborasi dengan pemerintah kota tangerang atau antar instansi bahkan masyarakat dalam menerima dan membagikan beragam informasi yang bisa dibagikan kepada public. Pada tahap “Connection” cukup baik dalam menjalankan koneksi dengan pemerintah kota tangerang dan antar instansi untuk penyebaran informasi yang lebih efektif. Kata Kunci : Pengelolaan, Media Sosial, Instagram, Informasi Publik Kecamatan Larangan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 141
NIM/NIDN Creators: 44220010018
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Media Sosial, Instagram, Informasi Publik Kecamatan Larangan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum > 343 Military, Defense, Public Property, Public Finance, Tax, Trade (Commerce), Industrial Law/Militer, Pertahanan, Properti Publik, Keuangan Publik, Perpajakan, Perdagangan (Perdagangan), Hukum Industri
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:29
Last Modified: 25 Jul 2024 06:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89827

Actions (login required)

View Item View Item