PROGRAM PELATIHAN ONLINE PT XYZ UNTUK MEMBENTUK CAPACITY BUILDING KARYAWAN DALAM MENJUAL PRODUK

MARYANA, AYU DIAH (2024) PROGRAM PELATIHAN ONLINE PT XYZ UNTUK MEMBENTUK CAPACITY BUILDING KARYAWAN DALAM MENJUAL PRODUK. S2 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
55221120003 - AYU DIAH MARYANA - 02 COVER.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
55221120003 - AYU DIAH MARYANA - 03 ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
55221120003 - AYU DIAH MARYANA - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB 2)
55221120003 - AYU DIAH MARYANA - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB 3)
55221120003 - AYU DIAH MARYANA - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB 4)
55221120003 - AYU DIAH MARYANA - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB 5)
55221120003 - AYU DIAH MARYANA - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55221120003 - AYU DIAH MARYANA - 09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55221120003 - AYU DIAH MARYANA - 10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Krisis kesehatan dunia yang dimulai dengan munculnya pandemi Covid-19 berdampak signifikan dengan hampir di semua sektor mengalami perlambatan. Situasi krisis juga turut berdampak pada PT XYZ dimana terjadi pembatasan dalam proses kerja termasuk pelaksanaan kegiatan pelatihan. Kondisi tersebut pada akhirnya membuat PT XYZ mengubah konsep pelatihan dari tatap muka menjadi online. Tulisan ini akan mengeksplorasi lebih dalam mengenai bentuk program pelatihan yang dijalankan oleh PT XYZ serta hambatan yang ditemui dalam pelaksanaannya sebagai respons terhadap perubahan saluran komunikasi yang digunakan oleh perusahaan. Kelima elemen komunikasi Laswell yaitu who, say what, in which channel, to whom, dan with what effect menjadi landasan untuk menganalisa bentuk program pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan. Sementara konsep noise dalam komunikasi menurut Shannon dan Warren akan membantu dalam menjawab hambatan yang muncul selama pelatihan berlangsung. Selain itu Taksonomi Belajar - Bloom juga akan digunakan untuk melengkapi analisa data. Lebih lanjut, untuk menganalisis data penelitian metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Kepala divisi pelatihan, pengajar, dan peserta yang terlibat langsung dalam program pelatihan bertindak sebagai key informan (narasumber). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi kepustakaan. Serta teknik analisis data dilakukan mulai dari tahap mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT XYZ telah menerapkan program pelatihan secara sistematis, mulai dari melakukan analisis kebutuhan pelatihan, melakukan eksekusi kegiatan pelatihan dengan menyampaikan pesan komunikasi secara tepat sasaran, hingga menjalankannya melalui saluran komunikasi online yang efektif. Meskipun demikian, masih terdapat kendala seperti ketidakstabilan jaringan internet, penambahan durasi mengajar karena peserta belum terbiasa dengan platform online, dan variasi mengajar yang dianggap monoton oleh beberapa peserta karena dilakukan secara virtual. Kata Kunci: Pelatihan, Saluran Komunikasi, Taksonomi Belajar

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55221120003
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Saluran Komunikasi, Taksonomi Belajar
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:26
Last Modified: 09 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89422

Actions (login required)

View Item View Item