KOMUNIKASI KELOMPOK GAMERS DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI MEETING DISCORD (Studi Kasus Pada Komunitas Generation RFReturn)

SARI, ADINDA DESTIANA (2024) KOMUNIKASI KELOMPOK GAMERS DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI MEETING DISCORD (Studi Kasus Pada Komunitas Generation RFReturn). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)

Abstract

The presence of applications as a communication medium for gaming has an important role in supporting better game play. The Generation RFReturn community uses Discord as a communication medium to interact with other members. However, there is a problem in the Generation RFReturn community that using rough and informal language seems to be a phenomenon that occurs. This research aims to find out the group communication in the Generation RFReturn community when communicating through meeting applications such as Discord. Translated with DeepL.com (free version)This research uses the theory of interaction analysis developed by Robert Bales and the theory of computer mediated communication which refers to the group communication interaction carried out by the Generation RFReturn community through the Discord meeting application in the use of negative words. This research uses a case study method, constructivism paradigm, data collection techniques with in-depth interviews and observations to gain an understanding of the symbolic interaction of group communication carried out by the Generation RFReturn community when interacting in the Discord meeting application. The results of this study show that the form of group communication interaction carried out by the Generation RFReturn community through the Discord meeting application proves that the use of language that tends to be rough and informal is very often found in their chats. And this is considered as a form of humor or social bonding among the members. They may feel that speaking in a more casual and expressive language can strengthen the sense of community and group solidarity. Keywords : Group Communication, Interaction, Community, Application, Discord. Kehadiran aplikasi sebagai media komunikasi para gaming memiliki peran penting dalam mendukung permainan game yang lebih baik. Yang terjadi pada komunitas Generation RFReturn yang menggunakan aplikasi Discord sebagai media komunikasi untuk berinteraksi dengan anggota lainnya. Namun, terdapat masalah pada komunitas Generation RFReturn yang menggunakan bahasa kasar dan tidak formal tampaknya menjadi suatu fenomena yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi kelompok di komunitas Generation RFReturn saat berkomunikasi melalui aplikasi meeting seperti Discord. Penelitian ini menggunakan teori analisis interaksi yang dikembangkan oleh Robert Bales dan teori computer mediated communication yang mengacu pada interaksi komunikasi kelompok yang dilakukan komunitas Generation RFReturn melalui aplikasi meeting Discord dalam penggunaan kata-kata yang bersifat negatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, paradigma konstruktivisme, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam serta observasi untuk mendapatkan pemahaman mengenai interaksi simbolik komunikasi kelompok yang dilakukan oleh komunitas Generation RFReturn pada saat berinteraksi di dalam aplikasi meeting Discord. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk interaksi komunikasi kelompok yang dilakukan komunitas Generation RFReturn melalui aplikasi meeting Discord membuktikan penggunaan bahasa yang cenderung kasar dan tidak formal sangat sering ditemukan pada obrolan mereka. Dan hal ini dianggap sebagai bentuk humor atau ikatan sosial di antara para anggota. Mereka mungkin merasa bahwa berbicara dengan bahasa yang lebih santai dan ekspresif dapat memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas kelompok. Kata kunci : Komunikasi Kelompok, Interaksi, Komunitas, Aplikasi, Discord.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 116
Call Number: SK/42/24/059
NIM/NIDN Creators: 44220010025
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Kelompok, Interaksi, Komunitas, Aplikasi, Discord.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 757 Human Figures Paintings/Lukisan Bentuk Manusia, Melukis Bentuk Manusia > 757.6 Groups of Figures/Kelompok Umur
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:28
Last Modified: 25 Jun 2024 03:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89157

Actions (login required)

View Item View Item