PEMAKNAAN FOTO KEHUMASAN PADA PEMENANG LOMBA FOTO PAJAK TEMA "MANFAAT PAJAK"

BASMAH, BASMAH (2010) PEMAKNAAN FOTO KEHUMASAN PADA PEMENANG LOMBA FOTO PAJAK TEMA "MANFAAT PAJAK". S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dirjen Pajak berusaha untuk menumbuhkan kesadaran wajib pajak kepada masyarakat. Berbagai usaha dilakukan, melalui media massa, media elektronik, melalui kampanye, dan salah satunya melalui foto dan lomba foto. Dirjen Pajak mengadakan lomba foto yang bertemakan “Manfaat Pajak” yang kemudian foto pemenang akan digunakan untuk kepentingan organisasi dibidang kehumasan. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pemaknaan foto kehumasan pada foto pemenang LOMBA FOTO PAJAK Tema MANFAAT PAJAK. Penelitian ini berupaya untuk menggali makna dalam foto foto pemenang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang terkandung dibalik foto foto pemenang dan apakah makna tersebut mudah ditangkap oleh para pembacanya. Selain itu juga melihat untuk peranan Praktisi Public Relations dalam menggunakan media fotografi dengan baik dalam medukung aktivitas kehumasan, dan bagaimana menggunakan foto foto terbaik untuk mendukung tujuan organisasi. Dalam penelitian ini di harapkan praktisi Public Relations dapat mengetahui pentingnya fotografi, dan setidaknya mengetahui dasar dasar fotografi yang baik hingga dapat membuat atau memilih foto terbaik bagi organisasinya. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif, karena merupakan pemaknaan dari foto foto yang di kaji, pemaknaan bisa saja berbeda satu dengan yang lain ]nya tergantung dari pengetahuan, pengalaman dan aspek aspek lainnya. Foto foto pemenang ini di kaji dengan analisa semiotika Pierce. Merujuk ke pemahaman semiotika Pierce maka foto sebagai salah satu bentuk tanda, sedangkan objek adalah sesuatu yang dirujuk tanda, sedangkan interpretant adalah tanda yang ada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk sebuah tanda. Jadi penekanan pada Semiotika fotografi adalah apa makna yang ada di balik sebuah foto dan apa ingin di sampaikan oleh sebuah foto kepada para pembacanya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pesan yang termuat pada foto tersebut merupakan konstruksi realitas sosial yang direkam oleh fotografer dan menjadi bahan penelitian yang terkait dengan konsep pemaknaan foto kehumasan. Selain itu adanya pembelajaran mengenai manfaat pajak pada khayalak. Dengan Representasi foto tersebut menunjukan apa saja penggunaan dari pajak tersebut dan representasi ini berperan untuk membangun citra organisasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pajak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 031
NIM/NIDN Creators: 44206110013
Uncontrolled Keywords: PEMAKNAAN FOTO KEHUMASAN PADA PEMENANG LOMBA FOTO PAJAK TEMA "MANFAAT PAJAK"
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 336 Public Finance/Keuangan Negara > 336.2 Taxes and Taxation/Pajak dan Perpajakan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 20 May 2024 01:45
Last Modified: 20 May 2024 01:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88742

Actions (login required)

View Item View Item