RENCANA STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUK KERTAS BIG SHEET DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) DI PT. INDAH KIAT PULP & PAPER, Tbk.

ZULKARNAEN, ALFIAN ISKANDAR (2017) RENCANA STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUK KERTAS BIG SHEET DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) DI PT. INDAH KIAT PULP & PAPER, Tbk. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB VI)
08.BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

PT. Indah Kiat Pulp & Paper merupakan salah satu perusahaan manufaktur multinasional yang bergerak di bidang industri pulp dan kertas terpadu dengan status Penanaman Modal Asing (PMA). Pabriknya tersebar di 3 lokasi di Indonesia yaitu Pabrik pengolahan pulp dan penggilingan kertas yang berlokasi di Perawang, Riau, pabrik penggilingan kertas di Tangerang, dan pabrik produk kemasan kertas di Serang, Banten. Pada Bulan Januari-Juni 2016 PT.Indah Kiat Pulp & Paer,Tbk mengalami permasalahan dalam hal produktivitas dan perlu diberikannya rekomendasi strategi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Dalam hal ini metode pengukuran yang digunakan adalah metode OMAX (Objective Matrix), sehingga langkah-langkah yang diambil mengacu sepenuhnya pada langkahlangkah OMAX, yaitu menentukan indikator produktivitas dalam bentuk rasio dari beberapa variable dalam kegiatan industrinya, menentukan bobot tiap kriteria, nilai atau skor, menghitung performa indikator, indeks, dan melakukan evaluasi produktivitas serta perencanaan perbaikan. Berdasarkan tabel OMAX, indikator performasi yang dicapai pada bulan Januari-Juni 2016 adalah 290, 220, 380, 375, 325 dan 385, hal tersebut tercapai karena dipengaruhi dari pencapaian skor dari setiap rasio. Dan penurunan tingkat produktivitas disebabkan karena buruknya performa dari Rasio 5. Setelah dianalisa mengguna Fault Tree Analysis (FTA) faktor yang mempengarunhi menurunnya produktivitas adalah manusia, mesin dan material, oleh sebab itu perlu dibuat suatu usulan strategi peningkatan produktivitas, diantaranya: pemberian reward kepada operator, membuat jadwal maintenance secara berkala, mengganti sparepart mesin jika diperlukan dan melakukan setting untuk komposisi pulp (NBKP) dengan standar komposisi pada setiap kertas. Kata Kunci : Produktivitas, Objective Matrix, Efektivitas, Efisiensi Fault Tree Analysis (FTA).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 17 103
NIM/NIDN Creators: 41613010041
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, Objective Matrix, Efektivitas, Efisiensi Fault Tree
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 17 May 2024 04:16
Last Modified: 17 May 2024 04:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88706

Actions (login required)

View Item View Item